IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 TALANG UBI KABUPATEN PALI

WILDA FAIZAH JAELANI, 13210292 (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 TALANG UBI KABUPATEN PALI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
WILDA FAIZAH JAELANI (13210292).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Talang Ubi, Kab. PALI”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan Kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013, guru masih ada yang belum memahami Kurikulum 2013 secara menyeluruh. Masalah yang dibahas dalam Penelitian ini adalah Upaya apa saja yang dilakukan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Talang Ubi, Kab. PALI?, dan Apa saja problem yang dihadapi dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Talang Ubi, Kab. PALI? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Talang Ubi, Kab. PALI dan untuk mengetahui problem yang dihadapi dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Talang Ubi, Kab. PALI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian “field research”, merupakan penelitian kualitatif di mana peneliti mengamati dan berpartisipasi secara langsung dalam penelitian skala sosial kecil dan mengamati budaya setempat. Dari segi data penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena datanya berupa ungkapan verbal lisan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru PAI SMP Negeri 1 Talang Ubi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, yaitu implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Talang Ubi telah dilakukan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PAI antara lain, (a)menambah wawasan dan kreatifitas tentang kurikulum baik dari mengikuti pelatihan maupun melalui internet dan jejaring sosial lainnya, (b)membuat perangkat pembelajaran (RPP) sebagai pegangan / pedoman untuk mencapai tujuan dalam proses pembelajaran, membuat media, strategi, metode yang menarik agar peserta didik tertarik dengan materi yang disampaikan dan tidak merasa bosan. Adapun problem yang dihadapi dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Talang Ubi, Kab. PALI, antara lain: (a)sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai menjadi problem yang cukup menyulitkan untuk proses pembelajaran, karena sulit untuk menyampaikan materi dengan menggunakan proyektor, (b)sumber belajar di sekolah yang kurang memadai seperti buku pegangan untuk guru maupun siswa, hal ini menjadikan guru PAI harus menggunakan buku pegangan dari kurikulum yang sebelumnya, (c)faktor guru itu sendiri yang masih mengalami kesulitan dalam memahami Kurikulum 2013 secara menyeluruh. Kata kunci: Implementasi Kurikulum 2013, mata pelajaran PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:28
Last Modified: 28 Aug 2018 03:28
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item View Item