Alber, Novus (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF PREDICTION (PREDIKSI) MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MA AL-FATAH PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Secara spesifik penelititan ini berjudul “Penerapan Metode Pembelajaran Prediksi mata pelajaran Aqidah Akhlak materi kualitas aqidah dalam kehidupan dalam meningkatakan aktivitas belajar siswa kelas X MA Al-fatah Palembang. Pemanfaatan Metode Prediksi dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas X3 yang menerapkan metode pembelajaran dan X2 yang tidak menerapkan metode pembelajaran di MA Al-fatah Palembang. Studi analisis penelitian, penulis melakukan penelitian ini disebabkan karena keingin tahuan penulis bagaimana cara guru dalam meningkatkan aktivitas belajar seperti memusatkan perhatian selama proses pembelajaran. Melalui penerapan dan pemanfaatan metode pembelajaran Prediksi dalam meningkatkan aktivitas belajar Aqidah Akhlak siswa kelas X3 yang menerapkan metode pembelajaran dan kelas X2 yang tidak menerapakan metode pembelajaran di MA Al-fatah Palembang. penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Penulis mendeskripsikan permasalahan tersebut sebagai berikut: Bagaimana aktivitas belajar aqidah akhlak yang tidak menerapkan motode pembelajaran dan yang menerapkan metode pembelajaran Prediksi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa-siswi kelas X di MA Al-fatah Palembang yang berjumlah 104 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas X.2 dan kelas X.3 MA Al-Fatah Palembang. Penulis memperoleh data dari berbagai penelitian yang berkaitan dengan pembahasan yang dibagi menjadi dua macam yaitu; data primer adalah data yang diperoleh dari siswa kelas X MA Al-fatah Palembang, dan data sekunder adalah data yang diperoleh melalui pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi, serta literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa; ada peningkatan pada penerapan metode Prediksi terhadap aktivitas belajar siswa kelas X3 materi kualitas Aqidah dalam kehidupan di MA Al-fatah Palembang. Hal ini terlihat dari hasil hipotesis “to” = 13,20 lebih besar dari tt (baik pada taraf signifikansi 5% = 2,00 dan1% = 2,65), maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berarti aktivitas belajar siswa kelompok eksperimen dan aktivitas belajar siswa kelompok kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan metode Prediksi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Al-fatah Palembang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Prediksi, meningkatkan aktivitas belajar, eksperimen dan aktivitas. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 07:26 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 07:26 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/215 |
Actions (login required)
View Item |