PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZ-ZAHIR PALEMBANG. (Skripsi)

Mustopa, Mustopa (2016) PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZ-ZAHIR PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Mustopa_TarPGMI.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan suatu keharusan bagi setiap umat Islam. Adapun tujuan belajar adalah agar terciptanya perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Dalam proses pembelajaran, guru diharapkan bisa mewujudkan suasana belajar yang menyenangkan sehingga proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efesien. Guru dituntut untuk kreatif memilih dan menggunakan model, metode, media sesuai dengan karakteristik yang telah ditentukan. Skripsi ini membahas tentang Penggunaan Media Berbasis Komputer dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media berbasis komputer pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas III Madsarah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang? bagaimana hasil belajar siswa sebelum menggunakan media berbasis komputer pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang? Bagaimana pengaruh penggunaan media berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas III Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 277 orang yaitu kelas 1 sampai dengan kelas 6. Sedangkan sampelnya berjumlah 25 orang yaitu kelas III.B yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, tes (pretest dan posttest), wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji test ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: pertama hasil belajar siswa (pretest) sebelum menggunakan media berbasis komputer memiliki rata-rata nilai yaitu sebesar 58,4 dan hasil belajar siswa (posttest) setelah menggunakan media berbasis komputer memiliki rata-rata nilai yaitu sebesar 80. Kedua penggunaan media berbasis komputer pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang dari hasil observasi guru semua indikator terlaksana dan dari hasil observasi siswa tergolong baik. Ketiga dari hasil uji hipotesis dengan merujuk pada uji ”t” di dapatkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t0 = 9,15) dan besarnya t yang tercantum pada tabel (tt.ts.5% = 2,06 dan tt.ts.1% = 2,80) maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar daripada tt yaitu 2,06 < 9,15 > 2,80. Dengan demikian dari hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan menggunakan rumus test t diatas dapat disimpulkan bahwa H0 yang diajukan ditolak. Ini berarti Ha diterima, bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara sebelum menggunakan media berbasis komputer dan sesudah menggunakan media berbasis komputer dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran hadits di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media komputer, penelitian eksperimen, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 06:54
Last Modified: 15 Apr 2016 06:54
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item