UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 14 PEMULUTAN KECAMATAN PEMULUTAN SELATAN KABUPATEN OGAN ILIR. (Skripsi)

Patimah, Patimah (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 14 PEMULUTAN KECAMATAN PEMULUTAN SELATAN KABUPATEN OGAN ILIR. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Asmaul Husna dengan Menggunakan Media Pembelajaran Flipchart Pada Siswa Kelas II SD Negeri 14 Pemulutan Selatan Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir” dilatabelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di Kelas II SD Negeri 14 Pemulutan Selatan, dimana nilai rata-rata siswa serta rendahnya presentase kriteria ketuntasan minimal (KKM) di kelas yang jauh dari 85% yaitu siswa yang memenuhi standar KKM (70) dapat diketahui hanya 3 anak dari 25 anak sementara 22 anak lainya belum tuntas dengan perolehan nilai rata-rata hanya 54. Rumusan masalahnya adalah apakah penerapan media Flipchart dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Asmaul Husna di kelas II SDN 14 Pemulutan Selatan Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Sementara tujuannya adalah untuk mengetahui penerapan media media Flipchart dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Asmaul Husna di kelas II SDN 14 Pemulutan Selatan Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah siswa kelas kelas II SD Negeri 14 Pemulutan Selatan, yang berjumlah 25 orang siswa, dengan pertimbangan kelas III adalah kelas yang penulis hadapi dan masalah yang ditemui adalah dikelas yang penulis hadapi itu sendiri, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes formatif. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus di lakukan melalu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat diambil dapat disimpulkan bahwa penerapan media Flipchart dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Menghafal Asmaul Husna di kelas II SD Negeri 14 Pemulutan Selatan. Karena tes kemampuan yang diperoleh sebelum dan sesudah diterapkanya media Flipchart terjadi peningkatan yang siginifikan. Hal ini dapat di lihat dari : Kemampuan siswa materi Menghafal Asmaul Husna pada siswa kelas II SDN 14 Pemulutan Selatan setelah menerapkan media Flipchart yaitu terjadi peningkatan dilihat dari nilai rata-rata dimana hasil perbaikan siklus I menjadi 68.4 dan pada siklus II menjadi 82. Jadi berdasarkan data tersebut maka dapat di katakan bahwa target tuntas belajar anak sudah mencapai nilai maksimal. karena keterbatasan waktu dalam penelitian, maka di tetapkan siklus II merupakan siklus terahir kemudian peningkatan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus hingga siklus 2 sebagai siklus terahir dalam tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan yaitu pada siklus 1 naik lagi menjadi 14 anak yang tuntas kemudian pada siklus ke 2 anak yang tuntas sudah mencapai 25 anak atau 100% tuntas

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Flipchart, menghafal Asmaul Husna, meningkatkan kemampuan siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 06:53
Last Modified: 15 Apr 2016 06:53
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item