PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP PTI (PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH) PALEMBANG. (Skripsi)

Juwita, Dewi (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP PTI (PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH) PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan di SMP PTI Palembang, diketahui bahwa proses pembelajarannya masih didominasi oleh metode ceramah dan hasil belajar matematika di kelas VII belum sesuai harapan dengan persentase siswa hanya 30% saja yang mencapai KKM 70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa dengan materi bilangan pecahan. Rancangan penelitian menggunakan desain pra-eksperimental pola Randomized Control Group Only Design dengan variabel bebas yaitu metode jigsaw dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP PTI Palembang dengan sampel yaitu kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 1 sebagai kelas kontrol yang berdistribusi normal dan homogen berdasarkan hasil posttest. Hasil posttest diperoleh dari soal ganda dan essay dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 77,04 > 66,25 yang kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil uji-t dua pihak dengan taraf 5% diketahui Ttabel = 1,68 dan taraf 1% = 2,42. Karena Thitung = 3,66 maka Thitung > Ttabel dengan demikian hipotesis alternatif diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang sangat signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan metode jigsaw dan kelas kontrol dengan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar matematika siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 04:18
Last Modified: 15 Apr 2016 04:18
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item View Item