PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG. (Skripsi)

Hikmah, Nurul (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV NEWw.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Nurul.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 46 Palembang. Keaktifan siswa kelas VII dalam mengikuti pembelajaran masih belum tampak, siswa jarang mengajukan pertanyaan meskipun guru sering memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya selama proses pembelajaran dan masih banyak siswa yang kurang suka untuk belajar matematika karena mereka beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Oleh karena itu, peneliti menggunkan model pembelajaran accelerated learning agar hasil belajar matematika siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran accelerated learning terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 46 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan kategori pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 46 Palembang tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari sembilan kelas dengan jumlah 360 siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas VII.7 dengan jumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 dengan jumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Pre-test dilakukan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model pembelajaran accelerated learning, sedangkan post-test digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran accelerated learning. Kemudian hasil pre-test dan post-test akan dicari nilai gain yang digunkan untuk melihat pengaruh yang didapatkan dalam penelitian. Hasil belajar matematika siswa diukur dengan nilai gain yaitu selisih nilai post-test dan nilai pre-test. Berdasarkan uji normalitas nilai gain pada kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal sehingga uji hipotesis dengan uji-t dapat dilakukan, H1 diterima jika thitung > ttabel. Hasil perhitungan pada uji hipotesis diperoleh 2,32 (thitung) > 2,02 (ttabel) maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Artinya ada pengaruh pada hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran accelerated learning di SMP Negeri 46 Palembang. Dengan demikian hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Accelerated Learning, Hasil Belajar Matematika Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Apr 2016 02:12
Last Modified: 15 Apr 2016 08:42
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item