RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB SYARAH AL-HIKAM KARYA K.H. SHOLEH DARAT (DIKAITKAN DENGAN KONTEKS KEKINIAN)

Abdul Aziz, 12210003 (2017) RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB SYARAH AL-HIKAM KARYA K.H. SHOLEH DARAT (DIKAITKAN DENGAN KONTEKS KEKINIAN). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Abdul Aziz (12210003).pdf

Download (897kB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Syarah Al-Hikam Karya K.H. Sholeh Darat (Dikaitkan dengan Konteks Kekinian). Dalam penelitian ini membahas nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada dalam kitab Syarah Al-Hikam, serta relevansinya dengan konteks kekinian. Kitab Syarah Al-Hikam merupakan kitab terjemahan dan syarah (penjelasan) dari kitab Matn Al-Hikam karya Syaikh Ibnu Atha’illah Al-Iskandary radhiyallahu anhu. Dalam kitab ini dijelaskan tentang nilai-nilai akhlak luhur dari tasawuf, dan dicontohkan pula tentang hal-hal yang berhubungan dengan perilaku akhlak luhur dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana biografi K.H. Sholeh Darat?. Apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Syarah Al-Hikam menurut K.H. Sholeh Darat?. Bagaimanakah relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Syarah Al-Hikam dikaitkan dengan konteks kekinian?. Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Oleh karena itu guna mendapatkan data-data yang dibutuhkan, peneliti menelaah buku-buku kepustakaan yang relevan dengan judul skripsi ini. Penelitian studi Tokoh yang berobjek kepada pengarang kitab Syarah Al-Hikam difokuskan untuk mengetahui eksistensi dan peran beliau di dalam sejarah pendidikan Islam Indonesia. Peneliti memilih kitab Syarah Al-Hikam ini sebagai sumber penelitian karena di zaman sekarang ini yang menjadi trend kekinian bukan hanya hal yang membawa kebaikan saja, namun sudah banyak sekali yang juga membawa kepada kemerosotan akhlak, seperti pergaulan tanpa batas, mengumbar hawa nafsu, saling mencaci maki, menyebar kebencian, dan memfitnah. Adapun metode analisis yang penulis gunakan yaitu metode content analysis (analisis isi). Setelah dilakukan penelitian dengan pendekatan tersebut dapat diketahui bahwa K.H. Sholeh Darat terlahir di desa Kedung Cumpleng, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pada tahun 1820 M. Beliau adalah seorang alim dalam ilmu fiqih, ilmu kalam, ilmu falak, dan ulama sufi yang berlatar teologi Asy’ariyah. Beliau juga merupakan guru dua tokoh pendiri organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu K.H. Hasyim Asy’ari pendiri Nahdatul Ulama’ dan K.H. Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam dalam kitab Syarah Al-Hikam meliputi: Nilai pendidikan akhlak kepada Allah Swt. (membahas tentang cara seorang hamba berakhlak kepada Allah), nilai akhlak kepada diri sendiri, (membahas mengenai pengendalian hawa nafsu untuk menghindari maksiat yang nyata maupun maksiat yang halus), dan nilai akhlak kepada sesama manusia (membahas mengenai cara memilih teman dalam suatu perkumpulan dan berperilaku baik kepada sesama manusia). Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Syarah Al-Hikam masih sangat relevan dengan kehidupan masyarakat sekarang sebagai acuan berperilaku untuk menyikapi hal-hal kekinian yang didalamnya juga terdapat nilai-nilai diluar syariat dan kewajaran yang menimbulkan kemerosotan akhlak dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:19
Last Modified: 14 Feb 2019 07:19
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2523

Actions (login required)

View Item View Item