STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI YANG MASUK DALAM PENDIDIKAN DI MAN 1 PALEMBANG

ADI SANTO, 13210007 (2018) STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI YANG MASUK DALAM PENDIDIKAN DI MAN 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Adi santo 13210007.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI DI MAN 1 PALEMBANG”. Strategi guru Sejarah kebudayaan islam adalah taktik kegiatan gurudalam menghadapi tantangan globalisasi yang masuk ke dalam dunia pendidikan yang menekankan pada Strategi atau cara dalam mengahadap arus globalisasi yang masuk ke dalam dunia pendidikan baik dampak positip maupun negatip dari globalisasi tersebut. Sehingga guru bisa mengontrol dan mengantisipasi pengaruh globalisasi dalam pendidikan dan Supaya guru bisa membentengi peserta didik dari arus globalisasi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahuai Tantangan Globalisasi Yang Masuk Dalam Dunia Pendidikan Di MAN 1 Palembang. Untuk mengetahui strategi guru sejarah kebudayaan Islam dalam menghadapi tantangan globalisasi di MAN 1 palembang. Untuk mengetahui dampak globalisasi terhadap guru sejarah kebudayaan islam di MAN 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatip artinya penelitian ini menggunakan penjelasan, menggambarkan dan menguraikan pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini kemudian ditarik kesimpulan deduktip. Data kualitatip tidak memakai angkah tetapi dengan penjelasan didalam kalimat. Jenis data penelitian ini adalah penelitian kualitatip, karena datanya berupa ungkapan pervalisan. Subjek penelitian ini adalah guru sejarah kebudayaan islam kepalah sekolah di Man 1 palembang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode obvervasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan. Pertama, tantangan globalisasi yang masuk dalam pendidikan diantaranya budaya-budaya barat seperti cara berpakaian dan lain-lain sehingga budaya-budaya ini diterima begitu saja oleh siswa-siswi yang belum dewasa dalam berpikir sehingga sedikit demi sedikit mereka mulai memakai budaya-budaya barat tersebut dalam kehidupan sehari-hari.Kedua, Strategi yang digunakan oleh guru sejarah kebudayaan islam di sekolah MAN 1 palembang dalam menghadapi tantangan globalisasi yang masuk dalam dunia pendidikan adalah dengan cara meningkatkan pengawasan dan control terhadap peserta didik, memberikan peraturan-peratuan khusus kepada peserta didik, memberikan sangsi-sangsi kepada peserta didik yang melanggar peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah, guru bekerja sama dengan orang tua siswa untuk meningkatkan pengawasan dan control kepada peserta didik baik ketika peserta didik berada dilingkungan masyarakat dan guru mengadakan kegiatan razia kepada peseta didik secara rutin. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir supaya peserta didik pengaru globalisasi.Ketiga,Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru sejarah kebudayaan islam menghadapi tantangan globalisasi di MAN 1 Palembang lemahnya system manajemen di suatu sekolah, misalnya kurangnya kepedulian sekolah terhadap dampak-dampak yang ditimbulkan oleh globalisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:21
Last Modified: 14 Feb 2019 07:21
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item