PENGARUH METODE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII SMP NEGERI 1 PAYARAMANOGAN ILIR. (Skripsi)

Adawiyah, Ropikotul (2016) PENGARUH METODE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII SMP NEGERI 1 PAYARAMANOGAN ILIR. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Ropikotul Adawiyah_TarBio.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Penelitia ini dilatarbelakangi oleh asumsi bahwa penggunaan metode pembelajaran dinilai menarik bagi siswa serta dapat menciptakan situasi yang menyenangkan bagi siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar. Melalui pembelajaran ini diharapkan agar siswa menjadi termotivasi sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengunaan metode pembelajaran Guided Note Taking terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi ekosistem di SMP Payaraman. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para guru yang mengajar agar guru dapat menerapkan metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru ini benar-benar dapat memudahkan siswa unutuk belajar, sehingga keberhasilan dapat tercapai dengan baik. jenis penelitian ini kuantitatif sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang, 30 orang kelas eksperimen 30 orang kelas kontrol teknik pengumpulan data yang dilakukan pada kelas eksprimen dan kelas kontrol dengan menggunakan posttest. Hasil penelitian ini yaitu, Pertama, Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran Guided Note Taking mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Biologi pada Materi Ekosistem di SMP Negeri Payaraman Kedua, Hasil belajar siswa Mata Pelajaran Biologi pada materi Ekosistem dengan menggunakan Metode Ceramah, Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis posttest thitung > ttabel yaitu (3,43 > 2,00), hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode, Guided Note Taking, ekosistem, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Apr 2016 02:11
Last Modified: 15 Apr 2016 08:44
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item