ANNAS SHOLEKHAH, 13 27 0008 (2017) FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG SISWA BERPRESTASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
ANNAS SHOLEKHAH (13270008).pdf Download (13MB) |
Abstract
Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individual maupun kelompok. Prestasi tidak akan pernah dihasilkan selama seseorang tidak melakukan suatu kegiatan. Dalam kenyataan, untuk mendapatkan prestasi tidak semudah yang dibayangkan, tetapi penuh perjuangan dengn berbagai tantangan yang harus dihadapi untuk mencapainya. Hanya dengan keuletan dan optimisme dirilah yang dapat membantu untuk mencapainya. Oleh karena itu wajarlaah pencapaian prestasi itu harus dengan jalan keuletan kerja. Setelah memperoleh hasil selama proses pembelajaran, maka seorang guru mendapatkan Prestasi tinggi atau Prestasi rendah pada siswa. Adapun permasalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang dan apa saja faktor-faktor pendukung siswa berprestasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Sedangkan, tujuannya adalah untuk mengetahuibagaimana prestasi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang dan untuk mengetahuiapa saja faktor-faktor pendukung siswa berprestasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, informan penelitian ini 1 guru sebagai waka kesiswaan, 1 guru sebagai guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan 5 siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Adapaun alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan data yang telah di kumpul kemudian dianalisa dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah pertama, prestasi yang dimiliki Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang sangatlah baik, seperti fasilitas madrasah yang masuk pada Peratuan Pemerintahan No 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan telah memproleh prestasi hingga tingkat provinsi. Kedua, siswa yang mendapatkan prestasi tinggi karena terpenuhinya faktor-faktor pendukung seperti Faktor Intern (faktor kesehatan, cacat tubuh, inteligensi, perhatian, minat, motif, dan kesiapan) dan Faktor Ekstern (cara orang tua mendidik, keadaan ekonomi keluarga, metode guru, kurikulum, dan alat pelajaran), sedangkan siswa yang mendapatkan prestasi rendah karena adanya faktor penghambat, seperti tidak terpenuhinya Faktor Intern (faktor kesehatan, cacat tubuh, inteligensi, perhatian, minat, motif, dan kesiapan) dan Faktor Ekstern (cara orang tua mendidik, keadaan ekonomi keluarga, metode guru, kurikulum, dan alat pelajaran).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 07:24 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 07:24 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2577 |
Actions (login required)
View Item |