HUBUNGAN KREATIVITAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

Ari Handoyo, 14270007 (2018) HUBUNGAN KREATIVITAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
ARI HANDOYO (14270007).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan kreativitas dengan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Ma’had Islamy Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa kelas V di MI Ma’had Islamy Palembang. Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V di MI Ma’had Islamy Palembang. Untuk mengetahui hubungan antara kreativitas dengan hasil belajar siswa kelas V di MI Ma’had Islamy Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan desain penelitian korelasional bivariat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Ma’had Islamy yang berjumlah 26 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V sebanyak 26 siswa, sehingga teknik pengambilan sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Untuk mendapatkan data, peneliti menyebarkan angket tentang kreativitas belajar serta mengadakan tes kepada siswa kelas V di MI Ma’had Islamy Palembang. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa kreativitas belajar siswa secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase 69,24% dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa secara umum juga berada pada kategori sedang dengan persentase 76,92%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V di MI Ma’had Islamy Palembang Tahun ajaran 2017-2018. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi (r) adalah sebesar 0,6115 atau 61,15%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 61,15% hasil belajar bahasa Indonesia ditentukan oleh kreativitas siswa, dan sisanya yaitu 38,85% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: kreativitas belajar, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:24
Last Modified: 14 Feb 2019 07:24
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item