BEBY DESTY ARISANDY NIM. 13222014, 13222014 (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI SMA PGRI PRABUMULIH. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
BEBY DESTY ARISANDY (13222014).pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan proses sains siswa. Hal tersebut dikarenakan pada proses pembelajaran yang berlangsung siswa lebih berperan pasif dan hanya menerima materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunkan masalah sebagai tolak ukur, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Proses Belajar pada Materi sistem pernapasan di kelas XI SMA PGRI Prabumulih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Reasearch) dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan penilaian kinerja. Analisis data dari kedua kelas menggunakan uji-t dengan pengujian Independen Sampel t-testdengan nilai t hitung>t tabel (2,066>2,000), maka H 0 ditolak dan H a diterima, yang berarti model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa, danPaired sampel t-test pada kelas eksperimen dengan nilai –t hitung< -t tabel (-6,353<- 2,045) maka Ho ditolak artinya terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara sebelum dan setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning. Disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning pada materi sistem penapasan berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa di kelas XI SMA PGRI Prabumulih.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 07:28 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 07:28 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2602 |
Actions (login required)
View Item |