[1] Danim, S. 2013. Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta. [2] Farisma, S. D. 2014. Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi SiswaKelas X Man Yogyakarta III. http://web.iaincirebon.ac.id/ebook/repository/1 27360078_Euis%2014ok.pdf. Diaksespada hari Selasa, 25 Oktober 2016, pukul 13.30 WIB. [3] Frada, S. 2012. Implementas Model Cooperative Learning Teknik Make Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar I PS Pada Kelas VIII A SM N 1Wedi, Klaten. htt p://eprints.uny.ac.id/8787/2/BAB%201%20%2 008416241030.pdf. Diakses pada 18 Januari 2017. Pukul 10.30 WIB. [4] Murtono, 2013. Pendidikan Sains dalam Alqura n. Tersedia di Website: http://digilib.uin suka.ac.id/8698/1/m urtono%20pendidikan%20sains%20dalam%alquran.pdf. Diakses pada hari Senin, 07 Agustus 2017. Pukul 15.45 WIB. [5] Rustaman, N. 2012 .Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press. [6] Uno. H. B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. [7] Wahyuningsih, P. 2012. Faktor-Faktor yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI Madrasah Aliyah Iman Kota Magelang. A http://lib.unnes.ac.id/3067/1/1659.pdf. Diakses pada hari Senin, 03 Oktober 2016 pada Pukul 13.30 WIB.