PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK XIAOMI DI PALEMBANG

Aidil Perdana Putra, NIM. 14190021 (2018) PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK XIAOMI DI PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
aidil perdana putra 14190021.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Di era modern, kemajuan teknologi berkembang dengan pesat, terutama dalam bidang telekomunikasi yaitu handphone yang sekarang berkembang menjadi smartphone. Dengan persaingan yang ketat, banyak industri yang bersaing melakukan promosi dengan memasang iklan dan menjadikan citra merek yang baik. Iklan dan citra merek mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi di Palembang,untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi di Palembang, danuntuk mengetahui pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi di Palembang. Pengembangan hipotesis dalam penelitian ini adalah H 0 : Iklan tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, H 1 : Iklan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, H 0 : Citra Merek tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, dan H 1 : Citra Merek berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Jenis dan sumber data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang diperoleh dari data primer. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel independen dalam penelitian ini yaitu iklan (X1) citra merek (X2). Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan analisis data menggunakan pengujian Uji-f dan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, didapat 259 atau 58,9% responden menjawab setuju atas iklan untuk membeli smartphone merek Xiaomi, dan didapat 295 atau 59,6% responden menjawab setuju atas citra merek untuk membeli smartphone merek Xiaomi, serta didapat 271 atau 61,6% atas keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi. Setelah memperoleh data hasil responden, peneliti melakukan analisa data dengan menggunakan rumus Uji- f. Dari hasil perhitungan Uji-f, diperoleh nilai Fhitung=23,473 dan Ftabel=2,78, maka hipotesis yang diterima adalah tolak H 0 terima H a . Selanjutnya dari hasil perhitungan Uji-t pada variable iklan (X1) diperoleh nilai t hitung =5,130 dan t tabel = 2,006, maka hipotesis yang diterima adalah tolak Ho terima Ha atau t hitung ≥ t tabel (5,130 ≥ 2,006), sedangkan dari hasil perhitungan Uji-t pada variable citra merek (X2) diperoleh nilai t hitung =3,976 dan t tabel = 2,006, maka hipotesis yang diterima adalah tolak Ho terima Ha atau t hitung ≥ t tabel (3,976 ≥ 2,006). Dari hasil perhitungan Uji-t, dapat disimpulkan bahwa iklan dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi. Kata Kunci : Pengaruh, iklan, dan citra merek

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:48
Last Modified: 14 Feb 2019 07:48
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2689

Actions (login required)

View Item View Item