HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MTs MIFTAHUL ULUM BANYUASIN

ANA BADRIATUL MAHMUDAH, NIM. 14210026 (2018) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MTs MIFTAHUL ULUM BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
ANA BADRIATUL MAHMUDAH (14210026).pdf

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik MTs Miftahul Ulum Banyuasin. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti, banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa MTs Miftahul Ulum, antara lain motivasi, kemandirian, dan disiplin belajar siswa. Disiplin belajar siswa MTs Miftahul Ulum Banyuasin sangat beragam, ada yang memiliki disiplin belajar rendah, sedang, dan tinggi. Berdasarkan dari hal tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana disiplin belajar siswa MTs Miftahul Ulum Banyuasin, bagaimana hasil belajar siswa MTs Miftahul Ulum Banyuasin, dan adakah hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa MTs Miftahul Ulum Banyuasin. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui disiplin belajar siswa MTs Miftahul Ulum Banyuasin, mengetahui hasil belajar siswa MTs Miftahul Ulum Banyuasin, dan mengetahui seberapa besar hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa di MTs Miftahul Ulum Banyuasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif-korelasional. Penelitian deskripsif dimaksudkan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu, atau mencoba menggambarkan fenomena secara detail. Sedangkan penelitian korelasional bertujuan untuk mengetahui seberapa besar korelasi atau hubungan antara variabel x dan y. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa MTs Miftahul Ulum Banyuasin sebanyak 219 siswa, dan sampel penelitian diambil secara acak / random sampling sebanyak 69 siswa. Analisis data menggunakan rumus product moment, untuk mengetahui hubungan dua variabel yaitu disiplin belajar dan hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa MTs Miftahul Ulum yaitu dalam kategori rendah sebanyak 20,28%, sedang sebanyak 46,37% dan tinggi sebanyak 33,33%. Sedangkan Hasil belajar siswa MTs Miftahul Ulum Banyuasin dalam kategori skor secara keseluruhan memiliki kategori rendah sebanyak 18,84%, sedang 60,86%, dan tinggi sebanyak 20,28%. Adapun hasil perhitungan dari rumus korelasi product moment yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa MTs Miftahul Ulum Banyuasin, dengan nilai rxy sebesar 0,76 termasuk dalam kategori kuat. Adapun kontribusi variabel x (disiplin belajar) terhadap variabel y (hasil belajar) adalah sebesar 57,72%, sedangkan sisanya (42,28%) dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:50
Last Modified: 14 Feb 2019 07:50
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item View Item