DEWI PUTRI, NIM. 14210278 (2018) ETIKA BELAJAR DALAM KITAB TA’LIMUL AL-MUTA’ALLIM KARYA SYEKH AZ-ZARNUJI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
DEWI PUTRI (14210278).pdf Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan proses pembelajaran yang bertujuan menjadikan manusia yang potensial secara intelektual semata melalui transfer of knowledge yang kental, tetapi proses tersebut bermuara pada peroses belajar. Pada kenyataannya pendidikan hanya menjadikan para penununtut ilmu menjadi manusia yang berpengetahuan tanpa diimbangi dengan etika, moral dan kepribadian yang baik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini mengenai etika belajar dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim menurut pemikiran Syekh Az-Zarnuji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah nilai-nilai etika belajar yang ada dalam kitab Talimul Muta‟allim menurut pemikiran Syekh Az-Zarnuji, untuk mendapatkan hasil belajar yang tidak sia-sia dalam katagori keberkahan ilmu, maka peneliti melakukan penelitian yang bermasalah pada peroses belajarnyayakni etika belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi untuk mempermudah memahami etika belajar bagi penuntut ilmu serta dijadikan bahan acuan bagi penelitian-penelitian yang relevan diwaktu yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan mengambil objek yaitu kitab Talimul Muta‟allim berkaitan dengan etika belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (contens analisis). Analisis ini digunakan untuk mengungkapkan kandungan nilai-nilai tertentu dalam sebuah buku dengan memperhatikan pada konteks. Sumber data primer berupa kitab Talimul Muta‟allim sedangkan sumber sekunder yaitu terjemahan kitab-kitab Talimul Muta‟allim, buku, jurnal dan skripsi lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika belajar dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim antara lain niat belajar; memilih ilmu, guru dan teman; mengagungkan ilmu dan ahli ilmu; ketekunan, kontinuitas, dan minat; serta waktu belajar bagi penuntut ilmu. Disimpulkan bahwa, etika belajar dalam kitab Ta‟lim Al-Muta‟allim adalah tata cara dalam peroses belajar yang bernilai sebaiknya penuntut ilmu melakukan hal tersebut untuk mendapatkan ilmu yang barokah, yakni ilmu yang memberi pengaruh pada perilaku siswa, dan mendatangkan perbedaan perilaku antara sebelum dan sesudah belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:01 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:01 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2808 |
Actions (login required)
View Item |