PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI AZIZAN PALEMBANG

Elin Apriyani, NIM. 14270024 (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI AZIZAN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ELIN APRIYANI (14270024).pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitan ini berjudul Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Motivasi Belajar siswa. Penelitian ini membahas tentang motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle, serta pengaruh penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Motivasi belajar siswa materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Eksperimen one group pre test post test design. Populasi dan sampelnya adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling. Teknik pengumpulan data: angket, wawancara, dokumentasi, observasi. Teknik analisis data dengan rumus TSR dan uji product moment. Hasil dari penelitian ini yaitu motivasi belajar siswa sebelum penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran IPS kelas V dengan nilai pre test termasuk dalam kategori rendah yaitu kategori tinggi 7 orang siswa (35 %), kategori sedang 4 orang (20 %) dan kategori rendah 9 orang (45 %). Motivasi belajar siswa sesudah penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran IPS kelas V dengan nilai post test termasuk dalam kategori tinggi yaitu terdapat 8 orang siswa (40 %), kategori sedang 6 orang (30 %), dan kategori rendah 6 orang (30 %). Sedangkan pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V sangat signifikan. Hasil uji hipotesis dengan membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t 0 = 5,046) dan besarnya t yang tercantum pada tabel (t t.ts 5% = 2,101) dan (t t.ts 1% = 2,878) maka dapat kita ketahui bahwa t 0 adalah lebih besar dari pada t t yaitu: 2,101<5,046>2,878. jadi, Karena t 0 lebih besar dari pada t t maka Hipotesis Nihil yang diajukan ditolak yang artinya ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang. Kata Kunci: Crossword Puzzle, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:04
Last Modified: 14 Feb 2019 08:04
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item