PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN KEMUNING PALEMBANG

AYU SATRIA, NIM.14290016 (2018) PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN KEMUNING PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
AYU SATRIA (14290016).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kemuning”. Penelitian ini di latar belakangi dengan mengingat bahwa pelayanan publik merupak suatu hal yang sangat penting dimana pelayanan publik sering kali menjadi tolak ukur dari keberhasilan aparatur negara dalam memberikan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat. Sehingga dalam proses pelaksanaannya tak jarang beberapa permasalahan yang terkait dengan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yakni tidak sesuai dengan prinsip pelayanan publik berdasarkan Kep Menpan No.63/kep/m.pan/7/2004 yakni mengenai prinsip kenyamanan dimana rung tunggu dinilai kurang nyaman karena ruang telalu sempit dan kurangnya kursi sehingga banyak masyarakat yang datang bukan menunggu di ruang tunggu melainkan berdiri bahkan menunggu di parkiran motor. Salain itu lokasi kua berdekatan bak sampah dari Pasar Sekip sehingga menambah kurangnya kenyamanan karena lingkungan kurang bersih. Dimana seharusnya lingkungan pelayanan haruslah tertib dan teratur, ruang tunggu yang nyaman, bersih, rapi, serta disediakan fasilitas pendukung seperti parkir, toilet, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pelayanan publik di kua kecamatan kemuning palembang dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pelayanan publik di kua kecamatan kemuning palembang dan selain itu juga kurangnya sosialisasi dalam proses pencatatan pernikahan. Jenis penelitian ini yaitu Field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksaan pelayanan publik di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kemuning sudah menjalankan fungsi manajemen dengan baik, sehingga pelayanan publik sudah baik dalam pelaksanaanya sudah sesuai dengan Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Adapun faktor yang mempengaruhi pelaksanaan. Faktor pendukung dari pelaksanaan pelayanan publik di KUA Kemuning adalah faktor hukum, faktor aparatur pemerintah atau pegawai dan faktor partisipasi masyarakat. Sedangkan faktor penghambat dari pelaksanaan pelayanan publik di KUA kemuning adalah sarpas yang kurang memadai seperti ruang tunggu, kursi tunggu dan kondisi lingkungan KUA yang berdekatan dengan bak sampah Pasar, Sehingga Mengurangi Kenyamanan dalam pemberian layanan dan proses penerimaan layanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pelayanan Publik
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:20
Last Modified: 14 Jun 2019 06:20
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2875

Actions (login required)

View Item View Item