PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MI MA’HAD ISLAMY DENGAN MI AHLIYAH 4 PALEMBANG PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE

LAILI SAFITRI, NIM. 14270061 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MI MA’HAD ISLAMY DENGAN MI AHLIYAH 4 PALEMBANG PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
LAILI SAFITRI (14270061).pdf

Download (11MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek afektif, kognitif, dan psikomotik sebagai hasil dari kegiatan belajar alam pembelajaran. Hasil belajar dapat dilihat dengan berbagai macam model pembelajaran diantaranya adalah model pembelajaran word square. Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang baik digunakan karena dapat melatih ketelitihan dan daya ingat siswa, Karenanya model pembelajaran word square ini dapat meningkatkan hasil belajaran siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV dengan menggunakan model word square di MI Ma’had Islamy Palembang, bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV dengan menggunakan model word square di MI Ahliyah 4 Palembang, apakah ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV dengan menggunakan model word square di MI Ma’had Islamy dan MI Ahliyah 4 Palembang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dikelas IV dengan menggunakan model word square di MI Ma’had Islamy dan MI Ahliyah 4 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen the one shot case study dengan Populasi adalah kelas IV di MI Ma’had Islamy dan MI Ahliyah 4 Palembang. Sampelnya adalah siswa kelas IVA di MI Ma’had Islamy yang menggunakan cluster sampling dan di kelas IV MI Ahliyah 4 yang menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dengan menggunakan rumus TSR dan uji Tes “t”. hasil penelitian sebagai berikut. Hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’had Islamy pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran word square tergolong tinggi. Hal itu bisa dilihat dari perolehan nilai rata-rata atau mean yakni 82,6. Hasil belajar siswa kelas IV MI Ahliyah 4 Palembang pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran word square tergolong rendah. Hal itu bisa dilihat dari perolehan nilai rata-rata atau mean yakni 72,6. Perbedaan hasil belajar siswa kelas IV di MI Ma’had Islamy pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran word square lebih baik digunakan di MI Ma’had Islamy Palembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji “t” dibuktikan dengan melihat perbandingan dengan uji “t” jika ttabel<thitung>ttabel atau 2,03<3,128>2,72 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’had Islamy dengan MI Ahliyah 4 Palembang pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran word square.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:21
Last Modified: 14 Jun 2019 06:21
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2903

Actions (login required)

View Item View Item