PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 30 PALEMBANG

EVI ASTRI AGUSTIN, NIM. 14210065 (2018) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 30 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
EVI ASTRI AGUSTIN (14210065).pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Pendidikan keluarga (family education) ialah proses pendidikan yang dilakukan oleh orang tua untuk membina dan mengembangkan kepribadian anak- anak agar mampu tumbuh-kembang menjadi orang yang bertanggung jawab di masyarakat. Pendidikan di dalam keluarga tentu sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan anak sebelum anak memasuki masa prasekolah dan setelah masuk masa sekolah. Adanya tingkat pendidikan yang tinggi dalam diri orang tua, maka akan berpengaruh pada tingkat hasil pendidikan anaknya nanti misalnya tingkat pendidikan seorang ibu, karena ibu adalah guru pertama untuk anak-anaknya. Namun, faktanya peneliti menemukan masalah-masalah yang berkaitan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 30 Palembang. Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peneliti menemukan adanya siswa kelas VIII di SMP Negeri 30 Palembang yang memiliki hasil belajar rendah, hal ini dilihat dari hasil nilai ulangan harian dan ulangan tengah semester siswa pada mata pelajaran PAI. Sementara peneliti menemukan beberapa latar belakang pendidikan orang tua yang memiliki pendidikan tinggi. Penelitian ini akan menjawab permasalahan mengenai Bagaimana latar belakang pendidikan orang tua di SMP Negeri 30 Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 30 Palembang? Adakah pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 30 Palembang?. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran PAI di SMP Negeri 30 Palembang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai penelitian untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penilaian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus Product Moment dan diperkuat dengan Uji t. Berdasarkan perhitungan menggunakan statistik, diperoleh hasil yakni terdapat pengaruh yang signifikan antara antara latar belakang pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa Kelas VIII mata pelajaran PAI di SMP Negeri 30 Palembang dengan hasil rxy = 0,25, diperoleh “r” pada taraf signifikan 5% = 0,250 dan pada taraf 1% = 0,325 atau dapat ditulis 5%>rxy>1%, maka 0,250<0,627>0,325. Melihat hasil rxy lebih besar dari taraf siginifikansi 5% namun lebih kecil dari pada taraf signigikansi 1%, maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan atau pengaruh yang signifikan yang lemah antara latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran PAI di SMP Negeri 30 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:05
Last Modified: 14 Feb 2019 08:05
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2906

Actions (login required)

View Item View Item