PELAKSANAAN PROGRAM LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI MAN 2 PALEMBANG

MIFTAKHUR ROIFAH, NIM .14290069 (2018) PELAKSANAAN PROGRAM LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI MAN 2 PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Miftakhur Roifah NIM 14290069.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Pelaksanaan program layanan konseling individu dapat dikatakan sebagai salah satu program yang sangat penting dalam suatu lembaga pendidikan. Sebab program ini merupakan salah satu faktor penunjang dalam menentukan keberhasilan pengentasan permasalahan siswa di sekolah. Dengan adanya program layanan konseling individu ini diharapkan dapat membantu siswa dalam menangani dan menyelesaikan permasalahannya dengan jalan yang kondusif, dan sesuai dengan aturan sekolah. Sehingga siswa dapat belajar berfikir kritis dalam menangani permasalahannya. Penelitian ini berjudul pelaksanaan program layanan konseling individu di MAN 2 Palembang. Rumusan Masalah, adalah bagaimana pelaksanaan program layanan konseling individu di MAN 2 Palembang dan faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan program Layanan konseling individu di MAN 2 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program layanan konseling individu di MAN 2 Palembang dan Faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan program layanan konseling individu di MAN 2 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator guru BK, guru BK, wali kelas dan siswa. Teknik pengempulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsif kualitatif dengan model Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pelaksanan program layanan konseling individu di MAN 2 Palembang sudah berjalan dengan baik karena hal ini dilihat dari segi waktu pelaksanaannya yang dilakukan saat siswa mengalami permasalahan langsung ada tindak lanjut dari guru BK, teknik yang digunkan sesuai dengan kebutuhan siswa mengingat bahwa setiap peserta didik mempunyai karakteristik yang bebeda-beda sehingga penangannya pun berbeda, fasilitas yang diperlukan sudah memenuhi kebutuhan pelaksanan layanan konseling individu, serta guru BK yang sudah memiliki sertifikasi dan sesuai dengan kualifikasi pendidikan BK. Kemudian terdapat 2 faktor dalam pelaksanaan layanan konseling individu, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Di mana faktor pendukung dalam pelaksanaan layanan konseling individu di MAN 2 Palembang ini adalah, adanya dukungan penuh dari kepala sekolah, guru BK yang sudah memiliki pengalaman, sertifikasi dan kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jurusan BK, kerja sama yang baik antara pihak wali kelas dengan guru BK, serta pihak sekolah dengan orang tua siswa atau SDM yang sudah baik. Faktor penghambat dalam pelaksanan layanan konseling individu di MAN 2 Palembang ini adalah kurangnya tenaga kerja BK, prasarana yang belum mencukupi, dan kurangnya koordinasi yang baik antara guru piket dengan guru BK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:21
Last Modified: 14 Jun 2019 06:21
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2910

Actions (login required)

View Item View Item