PENGARUH PWNGGUNAAN MEDIA VIDIO MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK DI MA AL-FATAH PALEMBANG

NINIK CHAMDANI, 13210190 (2017) PENGARUH PWNGGUNAAN MEDIA VIDIO MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK DI MA AL-FATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Ninik Chamdani.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Video Movie Maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas X 2 di MA Al-Fatah Palembang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media video movie maker terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X 2 di MA Al-Fatah Palembang? Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan dalam penggunan media video movie maker terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X 2 di MA Al-Fatah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif , adapun desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Designs (Non Designs). Bentuk Pre-Eksperimental Designs yang digunakan adalah One-Group Pretespostes Designs yaitu melakukan pengukuran (pretest), lalu dikenakan perlakuan untuk jangka waktu tertentu, kemudian dilakukan pengukuran kedua (postest) . Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Simple Random Sampling, dikatakan simple (sederhana) karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi itu. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X 2 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes (pre-tes dan post-tes) dan dokumentasi. Dengan teknik analisis datanya menggunakan uji validitas, reliabilitas dan uji-t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebelum digunakannya media video movie maker pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas X 2 MA Al-Fatah Palembang sebesar 55,6 yang termasuk dalam kategori kurang baik. Rata-rata hasil belajar siswa setelah digunakannya media video movie maker pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas X 2 MA Al-Fatah Palembang sebesar 86,2 yang termasuk dalam kategori baik. Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (t0 = 10) dan besarnya nilai “t” yang tercantum pada tabel nilai t (5%= 2,064 dan 1%= 2,797) maka dapat diketahui bahwa t0 adalah lebih besar dari pada ttabel yaitu: 2,797< 10 > 2,064. Karena t0 yang diperoleh dalam perhitungan (yaitu t0= 10) adalah lebih besar dari pada tt (baik pada taraf signifikasi 5%= 2,064 maupun pada taraf signifikasi 1%=2,797, maka Hipotesis Alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh yang signifikan antara media video movie maker terhadap hasil belajar siswa kelas X 2 pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Fatah Palembang” diterima dan Hipotesis Nihil ( H0) yang berbunyi “ tidak ada pengaruh yang signifikan antara media video movie maker terhadap hasil belajar siswa kelas X 2 pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Fatah Palembang “ ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:23
Last Modified: 14 Jun 2019 06:23
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2958

Actions (login required)

View Item View Item