PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 2 MODEL PALEMBANG

SUMELI FITRIANI, NIM. 13270126 (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 2 MODEL PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
sumeli.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap aktivitas belajar siswa kelas V di MIN 2 Model Palembang adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah pendidikan, pembelajaran, dan pendekatan keterampilan proses, tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh penerapan menggunakan keterampilan proses terhadap aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif kuantitatif adalah menyangkut hasil angket yang disebarkan pada siswa kelas V.E dan hasil observasi yang didapat dari seorang guru yang menjadi observerdi MIN 2 Model Palembang, dan yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V.E yang terdapat di MIN 2 Model Palembang, dan penelitian ini dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Sampel ini menggunakan teknik random sampling ialah teknik penentuan sampel secara random atau acak.teknik analisis data yaitu data yang telah diperoleh kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistic yaitu mean, standar deviasi dan persentase. Dan untuk menganalisis pengaruh antar variable menggunakan rumus korelasi koefisien kontegensi. Hasil penelitian ini setelah di analisis oleh penulis pada bab sebelumnya diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap aktivitas belajar siswapada mata pelajaran IPA penyesuaian diri makhlukhidup terhadap lingkungannya di MIN 2 Model Palembang.berdasarkan hasil analisisstatistik adalah 0,985lebih besar daripada “r”table baik pada taraf signifikan 5% adalah 0,396 maupun taraf 1% adalah 0,505. Maka dapat disimpulkan penulis semakin banyak penerapan keterampilan proses dalam pembelajaran maka semakin banyak pula aktivitas-aktivitas siswa dalam beljar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:25
Last Modified: 14 Jun 2019 06:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2984

Actions (login required)

View Item View Item