PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAK MELALUI KEGIATAN MABIT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA INSANI KAYUAGUNG OKI

HERNI ARYA, NIM. 13210110 (2018) PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAK MELALUI KEGIATAN MABIT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA INSANI KAYUAGUNG OKI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HERNI ARYA (13210110).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Pembinaan Akhlak merupakan suatu upaya dalam meningkatkan sikap/perilaku individu untuk mengarah kepada peningkatan yang lebih baik agar menjadi insan yang memiliki sikap/perilaku yang cerdas Spritual, Emosional dan Intelektual. Dewasa ini, pembentukan nilai akhlak mendapat perhatian serius mengingat penurunan akhlak yang semakin meluas. Selanjutnya, dengan adanya penurunan akhlak khususnya pelajar sebagai generasi penerus bangsa diperlukan adanya perbaikan akhlak melalui pembinaan akhlak. Strategi yang tepat dalam membina akhlak salah satunya adalah melalui dunia pendidikan. Rumusan Masalah penelitian ini yaitu: pertama, Apa bentuk kegiatan pembinaan akhlak di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung? Kedua,Bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak melalui kegiatan mabit di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung? Ketiga, Apa faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pembinaan akhlak melalui kegiatan mabit di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung? Tujuan dari penelitian ini pertama, untuk mengetahui bentuk kegiatan pembinaan akhlak di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung OKI. Kedua, untuk menjelaskan pelaksanaan pembinaan akhlak melalui kegiatan mabit di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung OKI. Ketiga, untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pembinaan akhlak melalui kegiatan mabit di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung OKI. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan reduksi data, Penyajian data, verifikasi dan menguji keabsahan data menggunakan trianggulasai data. Populasi dan sampel penelitian ini terdiri dari 152 siswa sebagai populasi dan 4 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: Pertama, bentuk kegiatan pembinaan akhlak di SMP IT Bina Insani Kayuagung OKI dilakukan melalui kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler. kegiatan intrakulikuler dilakukan saat proses pembelajaran pada matapelajaran tertentu, PAI, BK, Bahasa Indonesia, dan PKN. Sedangkan kegiatan ekstrakulikuler meliputi mabit, mentoring, kultum, Infaq, sholat dhuha dan pembacaan al-matsurat, sholat zhuhur bersama, dan memperingati hari- hari besar Islam. Kedua, pelaksanaan kegiatan mabit berjalan dengan cukup baik mulai dari perencanaan dan persiapan disusun dengan baik. Ketiga, terdapat faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan kegiatan mabit di SMP IT Bina Insani Kayuagung. Faktor pendukung meliputi adanya antusias siswa, Lingkungan sekolah, SDM yang solid, dukungan orang tua siswa dan sarana prasarana sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi kurangnya fluktuasi kehadiran siswa, dan sarana prasana yang terbatas. Pembinaan melalui kegiatan mabit yang dilakukan di SMP IT Bina Insani Kayuagung OKI adalah dengan metode keteladanan, pembiasaan nasihat/bimbingan, pujian dan hukuman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:11
Last Modified: 14 Feb 2019 08:11
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2999

Actions (login required)

View Item View Item