PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PASCASERTIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Al-ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

INDRA WANDAKA, NIM. 14210101 (2018) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PASCASERTIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Al-ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
INDRA WANDAKA (14210101).pdf

Download (13MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Pasca sertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Al-Isam di SMP Muhammadiyah 4 Palembang”. Peneliti melakukan penelitian dengan tujuan Untuk mengungkap keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam pasca sertifikasi di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Untuk mengetahui proses pembelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran Al-Islam di Muhammadiyah 4 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam pascasertifikasi di SMP Muhammadiyah 4 Palembang? (2) Bagaimana hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 4 Palembang? (3) Adakah pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar Al-Islam di SMP Muhammadiyah 4 Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yakni penelitian kuantitatif yaitu penelitian ini banyak menggunakan angka-angka sedangkan untuk informasi atau kejadian yang terjadi di lapangan menggunakan informasi kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 544 siswa.Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Dari Analisis data yang ada untuk mengambil penilaian menggunakan rumus uji T “tes”. Hasil penelitian ini menunjukkan Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Pascasertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Al-Isam di SMP Muhammadiyah 4 Palembang, tergolong sedang dengan melihat kegiatan hasil observasi guru dan jawaban angket. Sedangkan untuk uji hipotesis penelitian didapatkan,Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran al-islam di SMP Muhammadiyah 4 Palembang terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan hasil data 1,980<7,38>2,617 Karena lebih besar dari pada maka hipotesis nihil ditolak, ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar al-Islam di SMP Muhammadiyah 4 Palembang di terima dan hipotesis nihil ( ) di tolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:12
Last Modified: 14 Feb 2019 08:12
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3022

Actions (login required)

View Item View Item