NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM SYAIR GROUP HADRAH AN-NAHLA DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN JAMIATUL QURRO’ PALEMBANG

ASVIN MAULANA AHMAD, NIM. 13210048 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM SYAIR GROUP HADRAH AN-NAHLA DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN JAMIATUL QURRO’ PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ASVIN MAULANA AHMAD NIM. 13210048 .pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

ABSTRAK Nilai-nilai pendidikan Islam adalah ciri-ciri atau sifat khas Islami dari cara pandang, aturan atau norma yang ada pada pendidikan yang berkaitan dengan aqidah, akhlak, ibadah dan syariah, nilai pendidikan Islam ini berpedoman pada Al-Qurran dan Hadist. Kesenian hadrah adalah salah satu dari beberapa jenis kesenian yang terdapat dalam kesenian musik tradisional yang bercorak Islami, kesenian ini menggunkan alat musik terbangan dan bass. Selama ini masyarakat luas mengatakan bahwa kesenian hadrah sama halnya dengan kesenian qasidah yang seperti biasa ditampilakan. Akan tetapi kesenian hadrah ini mempunyai ciri khas tersendiri yakni melantunkan syair-syair yang bernuansakan shalawat serta alat musik yang digunakan juga berbeda dengan alat musik yang digunakan oleh group qasidah. Pondok Pesantren Al-Qurran Jamiatul Qurro Palembang merupakan pondok tahfidz untuk menghafal Al-Qurran, peneliti melakukan penelitian mengenai kesenian hadrah dikarenakan vokalis group hadrah An-Nahla adalah seorang qori‟ yang mampu melantunkan lagi-lagu shalawat dengan ciri khas suara yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada para santri di Pondok Pesantren Al-Qurran Jamiatul Qurro Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui cara atau metode yang digunakan oleh tenaga pendidik (ustadz) di Pondok Pesantren Al-Qurran Jamiatul Qurro, menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam syair-syair shalawat yang dilantunkan serta dalam memberikan pelajaran mengenai kesenian hadrah. Selain ini itu untuk mengetahui nilai pendidikan Islam apa saja yang tekandung dalam syair-syair shalawat yang dilantunkan oleh group hadrah An-Nahla Pondok Pesantren Al-Qurran Jamiatul Qurro Palembang. Dalam penelitian ini seluruh santri di Pondok Pesantren Al-Qurran Jamiatul Qurro Palembang berjumlah kurang lebih 110 orang. Dari jumlah tersebut ada sekitar 50% santri yang mengikuti kegiatan kesenian hadrah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaknin field research (penelitian lapangan), teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman atau model alir peneliti melakukan tiga kegiatan analisis data secara serempak yaitu: (1). Reduksi data (data reduction), (2). Display (display data), dan (3). Penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Setelah dilakukan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya atau metode yang digunakan oleh tenaga pendidik yang ada di Pondok Pesantren Al-Qurran Jamiatul Qurro Palembang untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada santrinya yakni dengan metode bercerita. Sedangkan nilainilai pendidikan Islam dalam syair-syair yang dilantunkan group hadrah An-Nahla pada album pertama mengandung nilai pendidikan aqidah, nilai pendidikan akhlak, dan nilai pendidikan ibadah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:26
Last Modified: 14 Jun 2019 06:26
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3042

Actions (login required)

View Item View Item