PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NU PALEMBANG

LISA YULIANTIKA, NIM. 13222056 (2018) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NU PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LISA YULIANTIKA (13222056).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Metode pembelajaran Problem Soving merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah. Dimana siswa ditekankan untuk dapat menyelesaikan permasalah baik secara individu maupun kelopok. Penelitian ini berjudul pengaruh metode Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pelajaran biologi siswa kelas XI di SMA NU Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pelajaran biologi siswa kelas XI di SMA NU Palembang. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-posttest control Group design dengan metode Eksperimen Semu (quasi eksperiment). Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Sampel penelitian berjumlah siswa yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil dari tes kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Contextual Problem Solving lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis akhir (uji t), diperoleh yaitu > dengan sig < , maka Ha diterima dan H ditolak. Hasil analisis skor rata-rata ketuntasan indikator kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen mencapai berkriteria sangat tinggi sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas kontrol berkriteria baik artinya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa motode Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pelajaran biologi siswa kelas XI di SMA NU Palembang. Kata Kunci: Problem Solving; Kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:19
Last Modified: 14 Feb 2019 08:19
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3121

Actions (login required)

View Item View Item