PENERAPAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS VII MTs PARADIGMA PALEMBANG

LITIA RISTIANTI, NIM. 13210157 (2018) PENERAPAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS VII MTs PARADIGMA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LITIA RISTIANTI (13210157).pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Media Video Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di kelas VII MTs Paradigma Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyak guru yang kurang memanfaatkan media pembelajaran dilingkungan kelas untuk mendukung kelancaran pendidikan khusunya pada pelajaran sejarah kebudayaan islam. Pembelajaran SKI sangat menarik jika disampaikan dengan menggunakan media yang inovatif, salah satu media yang inovatif tersebut adalah media Video. Kurangnya inovasi guru dalam menggunakan media pembelajaran terutama pada saat mata pelajaran SKI berlangsung ternyata mampu membuat minat mereka dalam mempelajari bahan ajar SKI menjadi berkurang dan berdampak pada hasil belajar mereka yang tidak maksimal. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana minat belajar siswa sebelum penerapan media video di kelas VII.b MTs Paradigma Palembang? Bagaimana minat belajar siswa setelah penerapan media video di kelas VII.b MTs Paradigma Palembang? Apakah terdapada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah penerapan media video dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas VII MTs Paradigma Palembang? Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII.B dengan jumlah keseluruhan ada 28 siswa, jenis penelitian ini adalah field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik menggunakan rumus uji-t dan TSR. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu: Pertama, Minat belajar siswa sebelum penerapan media video tergolong dalam kategori sedang. Hal ini terbukti dari 28 siswa yang dijadikan sebagai sampel dimana terdapat 6 siswa (21,43%) yang memiliki minat belajar dalam kategori tinggi, 16 siswa (57,14%) yang memiliki minat belajar dalam kategori sedang, dan 6 siswa (21,43%) yang memiliki minat belajar dalam kategori rendah. Kedua, Minat belajar siswa setelah penerapan media video kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari 12 siswa (42,86%) yang memiliki minat belajar dalam kategori tinggi, 10 siswa (35,71%) yang memiliki minat belajar dalam kategori sedang, dan 6 siswa (21,43%) yang memiliki minat belajar dalam kategori rendah. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara sebelum dan setelah diterapkan media video dimana berdasarkan dari hasil uji “t” antara sebelum dan setelah penerapan media video dengan membandingkan antara t hitung yang diperoleh sebesar 4,01 dengan t tabel pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf signifikasi 1%. Dengan demikian hipotesis alternatif H a diterima sedangkan alternatif nihil H o ditolak. Ini berarti adanya pengaruh penerapan media video dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VII MTs Paradigma Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:20
Last Modified: 14 Feb 2019 08:20
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3123

Actions (login required)

View Item View Item