PENGARUH TATA RUANG PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PALEMBANG

ISRA JANIAR, NIM. 13290038 (2018) PENGARUH TATA RUANG PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ISRA JANIAR (13290038).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pengaruh Tata Ruang Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Alasan peneliti mengambil judul tersebut karena tata ruang perpustakaan di MAN 3 Palembang belum sepenuhnya terlaksana berdasarkan alur tata ruang perpustakaan untuk memudahkan dan memproses pekerjaan yang dikerjakan petugas perpustakaan, tata ruang perpustakaan juga dapat menarik minat baca siswa. Tujuannya untuk mengetahui tata ruang perpustakaan sekolah, minat baca siswa sebelum dan setelah perbaikan tata ruang perpustakaan sekolah, dan pengaruh tata ruang perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan pada siswa/siswi, dokumentasi tata ruang perpustakaan dan wawancara yang dilakukan dengan pustakawan MAN 3 Palembang. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data menggunakan rumus uji “t” atau tes “t”. Hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa minat baca siswa setelah perbaikan tata ruang perpustakaan sekolah sudah tergolong sesuai Didapat dalam tabel ditemukan df sebesar 96 diperoleh harga kritik “t” pada tabel sebagai berikut: Pada taraf signifikansi 5% tt = 1,98 Pada taraf signifikansi 1% tt = 2,63. Dengan demikian to yaitu sebesar 2,72 adalah lebih besar dari tt baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1%. Dengan demikian maka hipotesis nihil ditolak. Berarti antara Variabel X dan Variabel Y terdapat perbedaan Mean yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat tarik, antara skor tata ruang perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa sesudah dan sebelum perubahan tata ruang perpustakaan sekolah, terdapat perbedaan yang signifikansi antara dua Variabel. Ini mengandung makna, bahwa tata ruang perpustakaan sekolah terhadap pengaruh setelah ada perbaikan tata ruang perpustakaan suda optimal dilaksanakan. Dengan adanya perbaikan tata ruang perpustakaan sekolah secara signifikansi minat baca siswa sudah meningkat dari sebelum ada perbaikan tata ruang perpustakaan sekolah di MAN 3 Palembang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:28
Last Modified: 14 Jun 2019 06:28
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3133

Actions (login required)

View Item View Item