PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG

Maria Ulfah, NIM. 14270067 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Maria Ulfah (14270067).pdf

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Munawariyah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran cooperative script ,kemudian untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang tidak menggunakan model pembelajaran cooperative script IPA, dan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Munawariyah Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimental design dengan desain penelitian post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MI Munawariyah Palembang yang berjumlah 119 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA dan VB yang berjumlah sebanyak 45. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling.Untuk mendapatkan data mendapatkan data, peneliti melakukan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus uji ‘t’. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa kelas VA yang menggunakan model pembelajaran cooperative script berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 81 dan hasil belajar siswa kelas VB yang tidak memakai model pembelajaran cooperative script berada pada pada kategori cukup atau rendah dengan nilai rata-rata 64. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Munawariyah Palembang. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan hasil uji hipotesis yang membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t hitung = 3, 265) dan besarnya t yang tercantum pada tabel (t t.ts 5% = 2, 02 dan t t.ts 1%= 2, 69). Maka dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel maka H 0 ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Munawariyah Palembang. Kata Kunci: Model Cooperative Script dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:21
Last Modified: 14 Feb 2019 08:21
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3151

Actions (login required)

View Item View Item