PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI NURUL HIDAYAHPALEMBANG

MARLINDA, NIM. 14270068 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI NURUL HIDAYAHPALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MARLINDA (14270068).pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Nurul Hidayah palembang.Penelitian ini bertujuan 1) untukmengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V dengan menggunakan model pembelajaran pair checks di MI Nurul Hidayah Palembang. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V yang tidak menggunakan model pembelajaran pair checks di MI Nurul Hidayah Palembang. 3) Untuk mengetahui ada pengaruh model pair checks pada mata pelajaran IPA Kelas V terhadap hasil belajar siswa di MI Nurul Hidayah Palembang. Penelitian mengunakan metode eksperimen true-exsperimental design dalam bentuk Postest-Only Control Design. Karena desain ini peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang memengaruhi jalannya eksperimen jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen pre-exsperimental design bentukPostest-Only Control Design. Adapun penambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknikCluster sampling, dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Pair Checks pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Nurul Hidayah Palembang tergolong tinggi dari model pembelajaran konvensional atau kelas kontrol, bisa dilihat dari perolehan nilai rata- rata (mean) yakni 80, sedangkan persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 7 orang siswa (23,33 %), skor sedang 15 orang siswa (50%), dan skor rendah 8 orang siswa (26,66 %) sedangkan hasil Belajar siswa kelas V B pada mata pelajaran IPA dengan tidak menggunakan Model Pembelajaran Pair Checks di MI Nurul Hidayah tergolong rendah. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil perolehan nilai rata-rata (mean) yakni 74, sedangkan persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 6 orang siswa (20%), nilai sedang ada 19 orang siswa (63,33%), dan nilai rendah ada 5 orang siswa (16,66%). Berdasarkan temuan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan dengan menggunakan model pembelajaranPair Checks, dengan adanya perubahan bearti ada peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran Pair Checks. Maka dapat disimpulkan Ho (hipotesis nihil) yang diajukan ditolak, ini berarti menunjukkan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran Pair Checks terdapat pengaruh yang meningkat. Kata kunci model pembelajaran pair cheks, dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:21
Last Modified: 14 Feb 2019 08:21
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3163

Actions (login required)

View Item View Item