PENGARUH PENDEKATAN HYPNO HEART TEACHING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM DESA MEKARSARI KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN (Skripsi)

Ariani, Trisanti (2016) PENGARUH PENDEKATAN HYPNO HEART TEACHING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM DESA MEKARSARI KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Trisanti Ariani_TarPGMI.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Pendidikan juga diartikan sebagai proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk berfungsi dalam kehidupan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Pengaruh Pendekatan Hypno Heart Teaching dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian exsperimental disign. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas IV Madrasah Ibtidayah Miftahul Ulum Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin berjumlah 22 orang. Dengan demikian yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Miftahul Ulum, yang berjumlah 22 orang responden sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Sehingga alat pengumpul datanya adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Rumus untuk analisis data memakai tes”t” atau to dalam keadaan dua sampel yang kita teliti merupakan sampel kecil (N Kurang dari 30). Hasil penelitian menunjukkan hasil penerapan tanpa menggunakan Pendekatan Hypno Heart Teaching dan dengan menggunakan Pendekatan Hypno Heart Teaching tergolong sedang. Penerapan dengan menggunakan pendekatan Hypno Heart Teaching telah berhasil dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menemukan kalimat utama pada teks bacaan, terlihat secara signifikan meningkat atau lebih baik dibandingkan dengan penerapan tanpa menggunakan Pendekatan Hypno Heart Teaching. Hal ini terlihat berdasarkan hasil analisis data dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan (to=15,47) dan besarnya “t” yang tercantum pada ttabel 5% = 2,08 dan ttabel 1% = 2,83 maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt, yaitu: 2,08<15,47>2,83.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hypno Heart Teaching, Minat Belajar, penelitian exsperimental disign.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:09
Last Modified: 26 Apr 2016 02:09
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item