Handayani, Kukuh (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM TERBUKA (OPEN ENDED) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AL-ISLAM MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
Bab I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan proses belajar mengajar di SMP Muhammadiyah 6 Palembang pada mata pelajaran Al-Islam hanya menggunakan Metode ceramah, tanya jawab dan latihan yang mengakibatkan hasil belajar siswa masih tergolong rendah, serta terlihat tidak terlalu aktif dan lebih sering bermain-main di kelas saat pembelajaran berlangsung. Melalui hasil penerapan ini bahwa Model Pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended) dapat membangkitkan keinginan siswa untuk bersemangat dalam belajar, melatih kemandirian, berfikir kritis dan kreatif serta mampu menumbuhkembangkan ide-ide baru dalam diri masing-masing siswa. Tujuan dari penelitian ini pertama, untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Al-Islam materi Iman Kepada Hari Akhir sebelum diterapkannya model pembelajaran problem terbuka (Open Ended) di SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Kedua, untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Al-Islam materi Iman Kepada Hari Akhir Sesudah diterapkannya model pembelajaran problem terbuka (Open Ended) di SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Ketiga, Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Al-Islam materi Iman Kepada Hari Akhir sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran problem terbuka (Open Ended) di SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini dikelompokan dalam dua jenis yaitu, data kuantitatif dan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini meliputi dua hal, yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas data menggunakan rumus uji kai kuadrat, uji homogenitas data menggunakan rumus F hitung = varian besar : varian kecil dan uji hipotesis mnggunakan rumus tes “t”untuk dua sampel besar yang satu sama lain tidak mempunyai hubungan. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Islam materi Iman Kepada Hari Akhir kelas IX. Baik pada taraf signifikan5% atau 1% : 2,00<4,45>2,65. Jadi pada kesimpulannya bahwa Model Pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended) kelas IX itu lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan tidak menggunakan Model Pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Open Ended, hasil belajar siswa, membangkitkan keinginan siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 02:20 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 02:20 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/318 |
Actions (login required)
View Item |