PERANAN PERPUSTAKAAN SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI INFORMASI PEMUSTAKA

Mifta Husa’ada, NIM. 1554400064 (2018) PERANAN PERPUSTAKAAN SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI INFORMASI PEMUSTAKA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MIFTAH HUSA’ADA (1554400064).pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai peranan yang ditunjukkan oleh perpustakaan dalam meningkatkan kompetensi literasi informasi pemustaka, dan untuk melihat bagaimana kemampuan literasi informasi yang dimiliki oleh siswa/i SMA Plus Negeri 17 Palembang serta dampak yang diperoleh oleh siswa dari peningkatan kompetensi literasi informasi. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang telah dilakukan oleh pihak perpustakaan dalam meningkatkan kompetensi literasi informasi pemustaka, serta melihat bagaimana peranan perpustakaan tersebut dalam meningkatkan kompetensi literasi informasi, karena dengan mengetahui hal ini maka perpustakaan sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar juga berperan aktif dalam pengembangan dan peningkatan kemampuan siswa, dimana peranan ini tidak hanya diserahkan kepada pihak sekolah maupun guru yang ada di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dimana pengambilan datanya dilakukan melalui observasi, penyebaran kuesioner, Wawancara dan dokumentasi. Kusioner disebar kepada siswa kelas XI dengan populasi penelitian siswa kelas XI berjumlah 376 siswa. Adapun sampel yang diambil sebanyak 38 responden atau 10% dari keseluruhan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Model literasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Bi6 Skills. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum peranan perpustakaan dalam meningkatkan kompetensi literasi informasi pemustaka sudah baik. Hal ini terlihat dari berbagai upaya yang telah dilakukan oleh perpustakaan meliputi, perpustakaan melakukan kegiatan pendidikan pemakai, perpustakaan menyediakan berbagai macam koleksi, mengenalkan DDC untuk menemukan sumber bacaan, serta pustakawan juga membantu siswa dalam mengakses informasi yang dibutuhkan. Adapun skor rata-rata yang diperoleh dari upaya-upaya perpustakaan dalam meningkatkan kompetensi literasi informasi adalah 3,36 yang menunjukkan nilai sangat positif. Adapun dampak yang diperoleh siswa dari peningkatan kompetensi literasi inofrmasi juga telah mencapai skor 3,36. Yang menunjukkan bahwa dampak yang diperoleh oleh siswa adalah sangat positif. Keduanya berada pada skala interval 3,28-4,03. Kata Kunci:Perpustakaan Sekolah,Literasi Informasi, The Big Six Skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:22
Last Modified: 14 Feb 2019 08:22
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3190

Actions (login required)

View Item View Item