PELAKSANAAN PEMBINAAN TK/TPA OLEH BADAN KOMUNIKASI PEMUDA REMAJA MASJID INDONESIA (BKPRMI) KOTA PALEMBANG

RUDI ARYANTO, NIM. 14290102 (2018) PELAKSANAAN PEMBINAAN TK/TPA OLEH BADAN KOMUNIKASI PEMUDA REMAJA MASJID INDONESIA (BKPRMI) KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RUDI ARYANTO (14290102).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Pelaksanaan pembinaan TK/TPA oleh BKPRMI Kota Palembang”.Penelitian ini dilatarbelakangi yang mana dalam pelaksanaannya sudah berjalan namun belum maksimal karena ketua umum BKPRMI kurang tegas dalam menjalankan kedisiplinan sehinggga dalam pelaksanaan pembinaannya masih banyak peserta atau ustad/zah yang tidak hadir dalam pembinaan. Maka diperlukan dalam pelaksanaan pembinaan secara maksimal, baik itu mulai dari perencanaan, pembagian tugas/kerja, monitoring dan lain sebagainya. Kegagalan dalam pelaksanaan ini tidak menutup kemungkinaan dapat menyebabkan kegagalan di semua kegiatan dalam mencapai tujuan organisasi yang diharapkan. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan TK/TPA oleh BKPRMI Kota Palembang, dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan pembinaan TK/TPA oleh BKPRMI Kota Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan TK/TPA oleh BKPRMI Kota Palembang, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan pembinaan TK/TPA oleh BKPRMI Kota Palembang. Dalam penelitian ini yang dapat menjadi informan pokok adalah ketua umum BKPRMI dan informan pendukung adalah ketua LPPTKA, sekretaris DPD BKPRMI, DPK Kec, Kemuning, dan ustad/zah (peserta pembinaan). Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, kesimpulan/verifikasi data, dan triangulasi data. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: pertama, pelaksanaan pembinaan TK/TPA oleh BKPRM Kota Palembang melalui 4 tahapan yaitu membuat perencanaan yang detail dalam kegiatan, pemberian tugas/kerja, monitoring kegiatan pembinaan, dan review atau laporan kegiatan. Kedua, faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembinaan TK/TPA yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan, sumber daya yang menunjang, disposisi, sikap, dan komitmen, serta struktur biokrasi yang mana sudah sesuai dengan keahliannya masing-masing. Sedangkan faktor penghambat yaitu individu (peserta itu sendiri), kuranya motivasi, dan latar belakang pendidikan. Kata Kunci : Pelaksanaan, Pembinaan TK/TPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:24
Last Modified: 14 Feb 2019 08:24
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3215

Actions (login required)

View Item View Item