PENGARUH PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG

RICHA RAHMASARI, NIM. 13270101 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RICHA RAHMASARI (13270101).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Keterampilan berbicara adalah kemampuan mengungkapkan pendapat atau pikiran dan perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lisan, baik secara berhadapan ataupun dengan jarak jauh. Berbicara adalah suatu keterampilan berbahasa yang berkembang pada kehidupan anak, yang hanya didahului oleh keterampilan menyimak, dan pada masa tersebutlah berhubungan erat dengan perkembangan kosa kata yang diperoleh oleh sang anak, melalui kegiatan menyimak dan membaca. Rumusan masalah dakam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan model student facilitator and explaining pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V, bagaimana keterampilan berbicara pada siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia, dan apakah ada pengaruh dari penerapan model student facilitator and explaining pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah wathoniyah Palembang. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif, metode exsperimen dengan desain intact group comparison. Adapun objek penelitian ini adalah siswa kela VA dan kelas VB yang berjumlah keseluruhan 60 siswa. Sumber data dalam penelitian ini ada 2, yang pertama sumber data primer yaitu data yang dihimpundari guru mata pelajaran dan siswa, yang kedua sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari arsip, dokumen yang berhubungan dengan penelitian. Alat pengumpulan data yaitu: tes, observasi dan dokumentasi, analisis ini menggunakan TSR dan korelasi product moment. Hasil dan kesimpulan peneliti adalah adanya perbedaan anatara hasil belajar kelompok eksperimen da kelompok kontrol. Persentase hasil nilai kelompok eksperimen terkategori tinggi 2 orang (6,67%), sedang 23 orang (76,66%) dan rendah 5 orang (16,67%). Untuk hasil nilai kelompok kontrol terkategotri tinggi 7 orang (23,33%), sedang 14 orang (46,67%) dan rendah 9 orang (30,00). dilihat dari hasil perhitungan Rxy (product moment) didapat bahwa ho dan ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menanggapi persoalan atau peristiwa terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V di Madarasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:24
Last Modified: 14 Feb 2019 08:24
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3216

Actions (login required)

View Item View Item