Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis MTs Negeri 1 Model Palembang

METI TRIYANI, NIM. 12221060 (2017) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis MTs Negeri 1 Model Palembang. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Meti Triyani (12221060).pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VIII MTs Negeri 1 Model Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain posttest only control design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Model Palembang tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 72 siswa. Dari populasi tersebut diambil dua sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIII.i dengan jumlah 36 siswa sebagai kontrol dan kelas VIII.K berjumlah 36 siswa sebagai kelas ekperimen. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama sampai kedua, kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksprimen dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi luas permukaan limas dan volume limas. Pada pertemuan ketiga, kedua kelas diberikan posttest untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran setelah diberi perlakuan. Data penelitian ini dihasilkan dari tes dan observasi. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PMRI sudah baik dan sesuai dengan karakteristik PMRI. Hal ini ditunjukkan dari persentase rata-rata keterlaksanaan pada pertemuan pertama yaitu 64,32% dan persentase rata-rata keterlaksanaan pada pertemuan kedua adalah 70,8%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan kemampuan penalaran siswa pada pembelajaran matematika selama diterapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) didapat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:25
Last Modified: 14 Feb 2019 08:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item