PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SELF REGULATED LEARNING BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 KOTA PALEMBANG

Ruslan Abdul Gani, NIM. 14 222158 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SELF REGULATED LEARNING BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RUSLAN ABDUL GANI (14222158).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dari permasalah kemampuan guru belum menggunakan model pembelajaran yang aktif dan efektif terhadapa kemampuan berpikir kritis siswa di MTs Negeri 1 Kota Palembang. Berdasarkan urgensi tersebut maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Self Regulated Learning Berbasis Saintifik (SRLBS) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Kelas VIII di MTs Negeri 1 Kota Palembang. Metode penelitian menggunakan quasiy exsperiment dengan rancangan Non equivalent Control Group Design. Sampel penelitian sebanyak 86 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Sampel penelitian pada eksperimen berjumlah 43 siswa yaitu pada kelas VIII A dengan menggunakan model Self Regulated Learning Berbasis Saintifik (SRLBS). Sampel pada kelas kontrol berjumlah 43 siswa dengan menggunkan model direct interactions dengan pendekatan saintifik. Berdasarkan teknik analisi data yang digunakan uij-t, diperoleh nilai t- hitung (16,881) lebih besar dari nilai t- tabel (16,487), yang artinya hasil penelitian kelas eksperimen menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dalam peningkatan kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII melalui pnerapan model Self Regulatd Learning Berbasis Saintifik (SRLBS) di MTs Negeri 1 Kota Palembang. Kata Kunci: Model pembelajaran SRLBS, Keterampilan Berpikir Kritis, IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:24
Last Modified: 14 Feb 2019 08:24
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3224

Actions (login required)

View Item View Item