PENERAPAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL-ADLI PALEMBANG

FITRI DIANI, NIM. 14270037 (2018) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL-ADLI PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FITRI DIANI (14270037).pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan metode pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Al-Adli Palembang. Penelitian ini juga untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen yang diajar dengan metode pembelajaran Make a Match dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas eksperimen setelah di beri tindakan. Peneliti menggunakan metode true-exsperimental design dalam bentuk Postest-Only Control Design. Karena desain ini peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang memengaruhi jalannya eksperimen jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen pre-exsperimental design dalam bentuk Postest-Only Control Design. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling (sengaja), dengan jumlah siswa 60 orang kelas VA 30 dan VB 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Al-Adli Palembang tergolong tinggi dari metode pembelajaran Konvensional atau kelas kontrol. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil perolehan nilai rata-rata (mean) Bisa dilihat dari perolehan nilai rata-rata (mean) kelas VA yakni 85, sedangkan hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 9 orang siswa (30%), skor sedang 15 orang siswa (50%), dan skor rendah 6 orang siswa (20%) sedangkan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran IPA dengan tidak menggunakan metode pembelajaran Make a Match di MI Al-Adli tergolong rendah. Kelas VB yakni 50, sedangkan presentasi hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 2 orang siswa (6,67%), nilai sedang ada 24 orang siswa (80%), dan nilai rendah ada 4 orang siswa (13,3%). Berdasarkan temuan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan dengan menggunakan metode pembelajaran Make a Match, dengan adanya perubahan berarti ada peningkatan hasil belajar setelah diterapkan metode pembelajaran Make a Match. Maka dapat disimpulkan H o (hipotesis nihil) yang diajukan ditolak, ini berarti menunjukan hasil belajar setelah diterapkan metode pembelajaran Make a Match terdapat pengaruh yang meningkat. Kata Kunci : Metode Make a Match, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:24
Last Modified: 14 Feb 2019 08:24
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item View Item