HUBUNGAN KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU IPS DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH AHLIYAH IV PALEMBANG

REA RESTIYANI, NIM. 14270098 (2018) HUBUNGAN KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU IPS DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH AHLIYAH IV PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
REA RESTIYANI (14270098).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya problem pendidikan disekolah yang bukan hanya disebabkan karena materi pembelajaran atau sikap siswa yang tidak apresiatif terhadap pelajaran, tetapi sangat mungkin karena rendah atau kurangnya keterampilan dasar mengajar bagi guru di sekolah tersebut khususnya keterampilan dalam variasi mengajar yang dalam pembelajaran kurang sesuai dengan tujuan dan minat siswa secara konseptual.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan variasi mengajar guru ips dengan aktivitas belajar siswa kelas III di madrasah ibtidaiyah ahliyah IV palembang.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keterampilan variasi mengajarguru IPS kelas III di Madrasah Ibtidaiyah AhliyahIVPalembang, Bagaimana aktivitas belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah AhliyahIV Palembang dan Adakah hubungan antara keterampilan variasi mengajar guru IPS dengan aktivitas belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah IV Palembang Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif kuantitatif. Dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar dilakukan. Sampel dalam penelitian ini penulis mengambil 1 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas III.A yang berjumlah 29 orang siswa, dan satu orang guru mata pelajaran IPS kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Untuk teknik analisa data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik korelasi Product Moment. Adapun hasil penelitian Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas III.Atergolong tinggi dengan presentase 72%, tergolong sedang dengan presentase 21% dan tergolong rendah dengan presentase 7%. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan guru dalam variasi mengajar yang tergolong tinggi dengan persentase 28%, tergolong sedang dengan persentase 28% dan tergolong rendah 10%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru mata pelajaran IPS dalam variasi mengajardengan aktivitas belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah IV Palembang, dapat dilihat dari hasil korelasi Product Moment dengan df sebesar 29 diperoleh pada taraf signifikansi 5 sebesar 0,367; sedangkan pada taraf signifikansi sebesar 0,470. Dengan demikian maka 0,367 < 0,935> 0,470. Ternyata atau ( yang besarnya = 0,935) adalah jauh lebih besar dari pada ( yang besarnya 0,367 dan 0,470). Karena lebih besar dari pada .Maka hipotesis nihil (H o ) yang diajukan ditolak.Ini berarti bahwa terdapathubungan yang signifikan antara keterampilan guru mata pelajaran IPS dalam variasi mengajardengan aktivitas belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah IV Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:26
Last Modified: 14 Feb 2019 08:26
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3246

Actions (login required)

View Item View Item