PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KOTA PALEMBANG

Indah Puspita Sari, NIM. 14270050 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
INDAH PUSPITA SARI (14270050).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal itu adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini tentang model pembelajaran think talk write. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampilan menulis siswa yang menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Palembang? bagaimana keterampilan menulis siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang? adakah pengaruh penerapan model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap keterampilan menulis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menulis siswa yang menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang. Untuk mengetahui keterampilan menulis siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang.Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap keterampilan menulis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V.C dan V.D yang berjumlah 62 orang siswa. Jenis data kualitatif dalam penelitian ini terdiri dari keadaan personil sekolah, dan nama siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang. Sedangkan data kuantitatif terdiri dari jumlah guru, dan jumlah murid di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang. Sumber data primer adalah siswa, guru mata pelajaran bahasa Indonesia V.C dan V.D di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang. Sedangkan sumber data sekunder adalah dokumen sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang serta buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik uji “t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dihitung dengan menggunakan TSR keterampilan menulis siswa kelas V D (kelas eksperimen yang menerapkan model Think Talk Write) yaitu memperoleh nilai rata-rata 11, tergolong tinggi terdapat 28 orang siswa dengan persentase 93,3%, tergolong sedang sebanyak 2 orang siswa dengan persentase 6,7% dan tergolong rendah terdapat 0 orang siswa dengan persentase 0%. Sedangkan keterampilan menulis siswa kelas V C sebelum diterapkan model Think Talk Write yaitu memperoleh nilai rata-rata 10, tergolong tinggi terdapat 4 orang siswa dengan persentase 12,9%, tergolong sedang sebanyak 4 orang siswa dengan persentase 12,9%, dan yang tergolong rendah terdapat 23 orang siswa dengan persentase 74,20%. Hal ini dapat dilihat dari nilai observasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:26
Last Modified: 14 Feb 2019 08:26
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3259

Actions (login required)

View Item View Item