PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI DAARUL AITAM PALEMBANG

Fatimah, NIM. 14270034 (2018) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI DAARUL AITAM PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Fatimah (14270034).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Daarul Aitam Palembang. Penelitian ini juga untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yang menerapkan media audiovisual dan kelas kontrol yang tidak diterapkannya media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas eksperimen setelah menerapkan media audiovisual. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan eksperimen adalah true-experimen design yaitu posttest- only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah tiga kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik Purposive Sampling (sengaja), dengan jumlah siswa 60 orang kelas VB 30 dan kelas VC 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan, analisis data tes menggunakan uji-t. Berdasarkan data hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata nilai post-test IPA siswa yang menggunakan media audiovisual lebih tinggi dari rata-rata nilai post-test IPA yang tidak menggunakan media. Yaitu rata-rata pada kelas eksperimen 86, presentasi hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi 9 orang siswa (30%), sedangkan skor sedang 16 orang siswa (53%), dan skor rendah 5 orang siswa (17%). Sedangkan rata-rata nilai post-test IPA dikelas kontrol yaitu 50, presentasi hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi 2 orang siswa(6,67%), siswa yang memperoleh skor sedang 23 orang siswa (76,7%), siswa yang memperoleh skor rendah 5 orang siswa(16,75%). setelah melihat hasil dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dengan menggunakan media audiovisual, dengan adanya pengaruh tersebut berarti ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya media. Maka dapat disimpulkan bahwa H 0 yang diajukan ditolak, dan H a diterima. Artinya ada pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di MI Daarul Aitam Palembang. Kata kunci : Media Audiovisual, Hasil Belajar, IPA. Daarul Aitam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:27
Last Modified: 14 Feb 2019 08:27
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3271

Actions (login required)

View Item View Item