Dwi Wulan Sari, NIM. 14210056 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP N 3 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Dwi Wulan Sari (14210056).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul: Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP N 3 Palembang Latar Belakang Model pembelajaran terpadu merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individual maupun kelompok, aktif mencari, menggali dan menemukan konsep serta perinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik melalui penerapan model pembelajaran terpadu, diharapkan siswa dapat membangun pengetahuan melalui cara kerja ilmiah, bekerja sama dalam kelompok, belajar berinteraksi dan berkomunikasi, serta bersikap ilmiah. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran terpadu pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 3 Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran terpadu pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 3 Palembang? Adakah pengaruh model pembelajaran terpadu dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 3 Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran terpadu serta mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran terpadu dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP N 3 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Design. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kunantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik pengumpulan penelitian ini ialah dengan soal pretest dan posttest, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis statistik dengan menggunakan uji-t atau test “t”. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran terpadu pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 3 Palembang sebesar 53,38 yang termasuk kurang baik. Rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran terpadu pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 3 Palembang sebesar 72,44 yang termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,06. Maka didapatkan nilai t hitung > t tabel (pada taraf signifikan 5%) atau 7,06 > 1,666. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran terpadu dalam peningkatan positif yang signifikan antara penerapan model pembelajaran terpadu dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 3 Palembang, atau (H a ) diterima dan (H 0 ) ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:27 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:27 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3283 |
Actions (login required)
View Item |