PENERAPAN STRATEGI TANYA JAWAB TRUE OR FALSE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 136 PALEMBANG

ZANNINA KHOIRIAH, NIM. 13270152 (2018) PENERAPAN STRATEGI TANYA JAWAB TRUE OR FALSE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 136 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ZANNINA KHOIRIAH (13270152).pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penulis di kelas III SDN 136 Palembang, diketahui bahwa siswa-siswi kelas III SDN 136 Palembang masih kurang menguasai materi pembelajaran IPS yang disampaikan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dikarenakan selama proses pembelajaran guru masih terfokus pada pembelajaran konvensional atau metode ceramah. Metodologi penelitian pada skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III A sampai dengan III E SDN 136 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III D SDN 136 Palembang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan mean antara pretest dan posttest, yaitu siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan strategi tanya jawab true or false. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi sejarah uang dan penggunaan sebelum menggunakan strategi tanya jawab true or false di SDN 136 Palembang, yaitu: (1) skor dengan kategori tinggi ada 6 orang dengan nilai 57 ke atas (17,65%), (2) skor dengan kategori sedang terdapat 24 orang dengan nilai 31-57 (70,59%), (3) skor dengan kategori rendah terdapat 4 orang dengan nilai 31 ke bawah (11,76%). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi sejarah uang dan penggunaan setelah menggunakan strategi tanya jawab true or false di SDN 136 Palembang, yaitu: (1) skor dengan kategori tinggi terdapat 9 orang dengan nilai 84 ke atas (26,47 %), (2) skor dengan kategori sedang terdapat 22 orang dengan nilai 70 sampai 84 (64,71%), (3) skor dengan kategori rendah terdapat 3 orang dengan nilai 70 ke bawah (8,82%). Penerapan strategi tanya jawab true or false berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN 136 Palembang hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji “t” yaitu perhitungan (t o = 19,21) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t(t t5% = 2,03 dan t t 1% = 2,72) maka dapat kita ketahui bahwa t o adalah lebih besar dari pada t t yaitu : 2,03 < 19,21> 2,72. Hal ini menunjukkan H o ditolak dan H a diterima sehingga diketahui bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi tanya jawab true or false terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN 136 Palembang Kata-kata kunci: Strategi Tanya Jawab True or False, Hasil Belajar, IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:27
Last Modified: 14 Feb 2019 08:27
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

View Item View Item