PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI I SEMENDE DARAT ULU

YUSNI MEGAWATI, NIM. 13222120 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI I SEMENDE DARAT ULU. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Yusni Megawati (13222120).pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di SMA Negeri I Semende Darat Ulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Semende Darat Ulu yang berjumlah 117 siswa. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Purpusive sampling. Pada proses pembelajaran kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol menggunakan metode diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest eksperimen 57,50 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 56,67. Setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing rata-rata postest kelas eksperimen 77,5 dan rata-rata postest kelas kontrol 71,16. N-gain rata-rata kelas eksperimen adalah 0,47 yang termasuk katagori sedang dan N-gain rata-rata untuk kelas kontrol 0,33 yang termasuk katagori sedang. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh T count = 2,077 sedangkan T tabel = 0,214terlihat bahwa T hitung > T tabel . Oleh karena itu H a diterima dan H o ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri semende darat ulu. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing; Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:28
Last Modified: 14 Feb 2019 08:28
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3298

Actions (login required)

View Item View Item