KERJASAMA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENGENDALIAN EMOSI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KARYA IBU PALEMBANG

YUNIARSIH, NIM. 12210287 (2017) KERJASAMA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENGENDALIAN EMOSI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KARYA IBU PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
YUNIARSIH (12210287).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Judul skripsi yang dibahas dalam penelitian ini adalah “Kerjasama Guru PAI dan Guru BK dalam Pengendalian Emosi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Karya Ibu Palembang”. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana bentuk kerjasama Guru PAI dan Guru BK dalam pengendalian emosi belajar siswa kelas VIII.5 di SMP Karya Ibu Palembang?, Apakah kerjasama Guru PAI dan Guru BK mampu mengendalikan emosi belajar siswa kelas VIII.5 di SMP Karya Ibu Palembang?, dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kerjasama antara Guru PAI dan Guru BK dalam pengendalian emosi belajar siswa kelas VIII.5 di SMP Karya Ibu Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kerjasama Guru PAI dan Guru BK dalam pengendalian emosi belajar siswa kelas VIII.5 di SMP Karya Ibu Palembang, kerjasama Guru PAI dan Guru BK mampu atau tidak mampu dalam mengendalikan emosi belajar siswa kelas VIII.5 di SMP Karya Ibu Palembang dan faktor-faktor yang mempengaruhi kerjasama antara Guru PAI dan Guru BK dalam pengendalian emosi belajar siswa kelas VIII.5 di SMP Karya Ibu Palembang. Adapun kegunaan dan manfaat dalam penelitian ini adalah diharapkan menjadi bahan informasi sebagai masukan bagi lembaga-lembaga pendidikan yang berguna untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bagi para pendidik di SMP Karya Ibu Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menganalisis data mengenai kerjasama Guru PAI dan Guru BK, sesuai dengan fenomena yang ada tanpa perlu peneliti turut serta mempengaruhi atau memberikan treatment terhadap fenomena yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII dan sampelnya yaitu kelas VIII.5 dengan jumlah 37 orang siswa di SMP Karya Ibu Palembang. Jenis data yang digunakan ada dua yaitu: 1) Data kualitatif berupa bentuk kerjasama, faktor yang mempengaruhi kerjasama, dan sejarah berdirinya sekolah, 2) Data kuantitatif yaitu: kemampuan kerjasama, jumlah guru, jumlah tenaga kependidikan, jumlah siswa, dan sarana prasarana. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) Sumber data primer adalah kepala sekolah, Guru PAI, Guru BK dan siswa kelas VIII.5, dan 2) Sumber data sekunder adalah data yang didapatkan dari buku dan dokumentasi di SMP Karya Ibu Palembang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan ada empat yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu: 1) Menganalisis data dari penyebaran angket dengan menggunakan rumus statistik P = x 100%, selanjutnya menggunakan rumus kategori tinggi, sedang, dan rendah (T-S-R), dan 2) Menganalisis data hasil wawancara yang dilakukan dengan teknik analisa deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penghitungan dan analisis data, hasil dari penelitian ini adalah kerjasama Guru PAI dan Guru BK mempunyai 4 bentuk kerjasama yaitu: memberikan motivasi dan nasihat bersama-sama, memberikan skor tata tertib pada siswa yang melanggar ketentuan, memberikan surat pemanggilan orang tua dan mendiskusikan masalah bersama-sama. Kerjasama Guru PAI dan Guru BK telah mampu dalam mengendalikan emosi belajar siswa kelas VIII.5 yang dibuktikan dengan hasil angket kategori sedang yaitu 78,38 (cukup), dan faktor-faktor yang mempengaruhi kerjasama Guru PAI dan Guru BK dalam pengendalian emosi siswa adalah faktor persamaan tujuan, faktor komunikasi, faktor jumlah guru dan faktor keahlian yang dimiliki oleh guru tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:28
Last Modified: 14 Feb 2019 08:28
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3300

Actions (login required)

View Item View Item