LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA LUBUKLINGGAU

YULI EKA SAPUTRI, NIM. 14290122 (2018) LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA LUBUKLINGGAU. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
YULI EKA SAPUTRI (14290122).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Layanan perpustakaan keliling pada dasarnya bersifat terbuka, demokratis, karena perpustakaan keliling melayani semua lapisan masyarakat tanpa membedakan status sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, kepercayaan maupun, status lainnya. Secara umum, perpustakaan keliling berfungsi sebagai perpustakaan umum yang melayani masyarakat yang tidak terjangkau oleh pelayanan perpustakaan umum. Adapun latar belakang peneliti mengangkat judul ini karena ingin mengetahui bagaimana layanan perpustakaan keliling yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau ini berjalan. Oleh sebab itu, peneliti melakukan peneltian dengan judul “Layanan Perpustakaan Keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau. Serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan tentang keabsahan data dilakukan dengan cara trianggulasi dan dikombinasikan dengan teori-teori yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau sudah berjalan dengan baik, adanya layanan perpustakaan keliling ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah terpencil karena masyarakat tak perlu banyak mengeluarkan waktu, tenaga dan biaya untuk dapat menikmati koleksi bahan pustaka maupun untuk mencari informasi yang dibutuhkan. kedua, faktor pendukung layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau mulai dari jenis koleksi yang ditawarkan, layanan yang diberikan pustakawan serta jumlah mobil perpustakaan keliling yang lebih dari cukup. Sedangkan faktor penghambatnya jadwal keberangkatan yang tidak tepat waktu, jadwal kunjungan di titik lokasi yang sama hanya berlangsung 1kali dalam sebulan, serta tenaga pelayanan yang berjumlah 4 orang tidak sebanding dengan jumlah armada yang berjalan sebanyak 3 buah mobil layanan perpustakaan keliling. Kata Kunci: Layanan Perpustakaan Keliling, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:28
Last Modified: 14 Feb 2019 08:28
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3305

Actions (login required)

View Item View Item