PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BERBASIS PETA KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MTS PARADIGMA PALEMBANG

WINTAN PUSPA KARLINA, NIM. 13222114 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BERBASIS PETA KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MTS PARADIGMA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
WINTAN PUSPA KARLINA (13222114).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran yang memiliki konteks pada awal pembelajaran peserta didik diminta untuk mengamati fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar. Pada model pembelajaran Problem based Learning dapat menekankan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu menyelesaikan suatu masalah yang diberikan guru mengenai fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar, selain itu peserta didik juga diharapkan untuk berpikir kritis agar mendapatkan wawasan atau pengetahuan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajan Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Berbasis Peta Konsep Pada Nateri Sistem pencernaan makanan kelas VIII MTs Paradigma Palembang pada 20 November sampai 25 November 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pra-Eksperimen dalam bentuk Pretest-Posttest One group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs Paradigma Palembang yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 66 Peserta Didik. Pengambilan sampel digunakan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan dilanjutkan menggunakan metode Probability proposional to Size. Sampel penelitian ini kelas VIII A, B dan C sebagai kelas eksperimen berjumlah 40 Peserta Didik. Pada proses pembelajaran, kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model Problem Based learning. Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Soal Pilihan Ganda yang terdiri dari 20 Soal sebagai soal Preetest dan Posttest. Sedangkan, kisis-kisi Soal tersebut telah divalidasi oleh 2 pakar yakni 1 dosen dan 1 guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata Preetest kelas eksperimen adalah 54,88 sedangkan nilai Posttest pada kelas eksperimen adalah 79,88. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh T hitung = 20,589 sedangkan t tabel = 1,684 terlihat bahwa T hitung > t tabel . Oleh karena itu, (H a ) diterima dan (H 0 ) ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep berbasis peta konsep peserta didik kelas VIII Materi Sistem Pencernaan Makanan MTs Paradigma Palembang. Dengan meningkatkan keaktifan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari dan dapat mengoptimalkan pemahaman, pengetahuan, pemecahan masalah peserta didik dalam proses pembelajaran IPA. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Pemahaman Konsep Berbasis Peta Konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:30
Last Modified: 14 Feb 2019 08:30
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3333

Actions (login required)

View Item View Item