KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENCIPTAKAN INTERAKSI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA PARADIGMA PALEMBANG

WAWAN WIMANZA, NIM. 13210291 (2017) KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENCIPTAKAN INTERAKSI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA PARADIGMA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
WAWAN WIMANZA (13210291).pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Keterampilan Pengelolaan Kelas merupakan sebuah upaya nyata untuk mewujudkan proses atau kegiatan belajar mengajar yang efektif. Dengan pengelolaan kelas dan interaksi pembelajaran yang baik di harapkan dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran dan memberikan pengarug positif yang secara langsung menunjang terselengarannya proses belajar mengajar di dalam kelas. Agar memberikan dorongan dan rangsangan terhadap siswa dalam belajar, kelas perlu di kelola dengan sebaik-baiknya. Kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam mengelolaa kelas dan interaksi pembelajaran yaitu membantu kesulitan siswa, memberikan pujian, menggunakan metode secara bervariasi, penataan siswa di dalam kelas, tidak membiarkan siswa keluar masuk kelas, menegur langsung siswa, memberikan nasihat, memberikan hukuman dan menyusun kembali program pengajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui keterampilan pengelolaan kelas guru pada mata pelajaran akidah akhlak, untuk mengetahui interaksi pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak, untuk mengetahui faktor penghambat keterampilan guru dalam pengelolaan kelas untuk menciptakan interaksi pembelajaran akidah akhlak di MA Paradigma Palembang . Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu menggambarkan dan menguraikan tentang keterampilan guru dalam pengelolaan kelas untuk menciptakan interaksi pembelajaran akidah akhlak di MA Paradigma Palembang. Sumber data penelitian ini ada dua macam yaitu data primer dan data skunder. Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung di lapangan, sedangkan data skunder merupakan sumber data yang mendukung dan bersumber dari literatur-literatur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi Terfokus, FGD ( Focus Groub Discussion ), wawancara mendalam (Depth Interview) dan dokumen. Setelah data dikumpulkan kemudian data diproses dan diklasifikasikan selanjutnya reduksi, triangulasi dan diambil kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu: Pertama, keterampilan guru dalam pengelolaan kelas untuk menciptakan interaksi pembelajaran akidah akhlak di Ma Paradigma Palembang sudah cukup baik, guru tidak hanya sebagai pengajar, namun guru juga membantu mengatasi kesulitan siswa, memberikan pujian, menggunakan metode secara bervariasi, mengatur tempat duduk siswa, tidak membiarkan siswa keluar masuk kelas, menegur langsung siswa, memberikan hukuman, dan menyusun kembali program pengajaran. Interaksi pembelajaran di MA Paradigma sudah cukup baik, hubungan timbal balik antara guru dan murid di MA Paradigma Palembang telah berjalan seman mestinya, guru mmemberika teguran, memberikan nasihat dan memberikan hukuman. Faktor penghambatnya meliputi minimnya ekonomi keluarga, kurangnya pendidikan agama islam dari keluarga dan kurangnya kesadaran/minat siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:30
Last Modified: 14 Feb 2019 08:30
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item