PENERAPAN MODEL BELAJAR MANDIRI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PALEMBANG

VIVIT HERYANI, NIM. 12210264 (2017) PENERAPAN MODEL BELAJAR MANDIRI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
VIVIT HERYANI (12210264).pdf

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Model Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Sisiwa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MAN 2 Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi proses perkembangan pembelajaran, salah satu yang paling menonjol dalam pelaksanaan pembelajaran ialah masalah metode bagian ini yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Keaktifan siswa saat didalam kelas masih kurang, siswa cendrung bosan dengan apa yang dijelaskan didepan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan penerapan Model Belajar Mandiri, Bagaimana Kreativitas Belajar Siswa yang tidak diterapkan dan menerapkan Model Belajar Mandiri, dan Apakah ada pengaruh penerapan model belajar mandiri pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 2 Palembang dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang berbentuk eksperimen. Adapun desain penelitian dalam penelitian ini yaitu bentuk true experimental design dengan menggunakan tipe Posttest Only Control Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipih secara random (R). Kelompok pertama diberi perlakuan (X) dan kelompok yang lain tidak. Kelompok yang diberi perlakuan disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di MAN 2 Palembang yang terdiri dari kelas 9 kelas yang berjumlah 362 siswa. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini penulis menggunakan Untuk menentukan beberapa sampel yang akan diambil, maka penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa untuk kelas eksperimen dan 36 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda menggunakan rumus statistik tes uji “t”. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan Model Belajar Mandiri dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa. Berdasarkan analisa data dengan menggunakan rumus statistik tes uji “t” hasil penelitian diperoleh lebih besar dari (baik pada taraf signifikan 5% dan 1%) yang berarti ditolak dan diterima. Hal ini juga dapat dilihat dari lebih tingginya nilai yang diperoleh oleh siswa kelas eksperimen yang diterapkan Model Belajar Mandiri daripada kelas kontrol yang hanya diterapkan metode ceramah. Kata Kunci : Model Belajar Mandiri, Kreativitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:30
Last Modified: 14 Feb 2019 08:30
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item